Peranan Petugas Keamanan dan Ketertiban dalam pemberian tindakan dan hukuman disiplin terhadap warga binaan pemasyarakatan yang melanggar tata tertib Lapas : studi di Lapas Klas I Madiun

AtiekaFebriningtyas (2007) Peranan Petugas Keamanan dan Ketertiban dalam pemberian tindakan dan hukuman disiplin terhadap warga binaan pemasyarakatan yang melanggar tata tertib Lapas : studi di Lapas Klas I Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini, penulis membahas mengenai peranan Petugas Kamtib dalam pemberian tindakan dan hukuman disiplin bagi Narapidana yang melanggar tata tertib Lapas. Hal ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menciptakan kondisi Lapas yang aman dan tertib dimana berdasarkan pasal 47 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, salah satu wujudnya yakni dengan memberikan sanksi berupa Tindakan dan Hukuman Disiplin terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan yang melanggar tata tertib. Pelaksanaan sanksi tersebut menjadi tanggung jawab dari Petugas Kamtib Lapas. Dalam penulisan skripsi ini, membahas mengenai: (1) bagaimana peranan Petugas Kamtib dalam pemberian Tindakan dan Hukuman Disiplin terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan yang melanggar tata tertib Lapas; (2) faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dihadapi oleh Petugas kamtib tersebut. Penelitian dilakukan di Lapas Klas I Madiun. Metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dan dokumentasi berupa data-data yang berhubungan langsung dengan topik penelitian. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan metode diskriptif analitis. Petugas kamtib Lapas Madiun mepunyai peranan sebagai pembina dan pembimbing, pendidik, penasehat serta pelindung bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang melanggar tata tertib. Dalam pelaksanaan peranannya tersebut, mereka berpedoman kepada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, Peraturan Pemerintah nomor 31 Tahun 1999 tentang Pembinaan Dan Pembimbingan WBP serta Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat Dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP. Dalam menjalankan perannya tersebut, Petugas Kamtib menghadapi berbagai macam faktor pendukung dan penghambat baik dari segi aturan hukumnya, aparat penegak hukumnya, fasilitas pendukung serta budaya masyarakat. Dalam pelaksanaannya, peranan Petugas Kamtib Lapas Klas I Madiun dalam pemberian Tindakan dan Hukuman Disiplin tersebut telah berjalan dengan baik dan dapat dikatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan berkurangnya kasus pelanggaran yang dilakukan oleh Narapidana pada setiap tahunnya. Meskipun ada beberapa faktor penghambat, akan tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusianya yang dalam hal ini adalah Petugas kamtib Lapas Madiun sehingga menjadi pegawai yang profesional dan proporsional dalam bidangnya, yakni Pemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/050701481
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2007 00:00
Last Modified: 28 Oct 2021 04:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109757
[thumbnail of 050701481.pdf]
Preview
Text
050701481.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item