Peranan Departemen Keuangan dalam hal pengelolaan keuangan negara terkait dengan sistem DIPA : study di Departemen Keuangan RI Jakarta

OlanPatuanSiagian (2007) Peranan Departemen Keuangan dalam hal pengelolaan keuangan negara terkait dengan sistem DIPA : study di Departemen Keuangan RI Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan ekonomi suatu negara bertujuan untuk mencapai tingkat kemakmuran yang lebih tinggi untuk mencapai tujuan tersebut pemerintah dapat ikut campur tangan secara aktif maupun secara pasif. Pembangunan merupakan suatu proses perubahan sistem yang direncanakan kearah perbaikan dimana orientasinya pada modernisasi pembangunan bangsa dan kemajuan sosial ekonomis. Konsep pembangunan itu merupakan kunci pembuka bagi pengertian baru tentang hakekat proses administrasi pada setiap negara yang sifatnya dinamis. Pembangunan akan dapat lancar, apabila disertai dengan administrasi yang baik dalam pengelolaan keuangan negara. Administrasi pembangunan itu menunjukkan betapa kompleksnya organisasi pemerintah, manajemennya dan proses kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai tujuan suatu pembangunan. Sebagai organisasi, negara Republik Indonesia mempunyai tujuan negara dan susunan organisasi kelembangaan negara sebagaimana tercantum dalam pembukaan dan batang tubuh UUD 1945. Departemen sebagai bagian dari suatu sistem pemerintahan negara, dimana lembaga tersebut dipimpin oleh seorang menteri negara yang berada dibawah dan bertanggung jawab sepenuhnya kepada Presiden. Hal ini tercantum dalam keputusan Presiden nomor 102 tahun 2001 yang isinya bahwa departemen merupakan unsur pelaksana pemerintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/050701476
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2007 00:00
Last Modified: 28 Oct 2021 04:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109753
[thumbnail of 050701476.pdf]
Preview
Text
050701476.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item