"Pertanggungjawaban pidana dalam tindak pidana pers" : studi kasus putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan No. 37/PID. B/2003/PN.JAK.SEL.

MarisaTriPutranti (2007) "Pertanggungjawaban pidana dalam tindak pidana pers" : studi kasus putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan No. 37/PID. B/2003/PN.JAK.SEL. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis hendak membahas tentang “Pertanggungjawaban Pidana Dalam Tindak Pidana Pers” (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan No. 37/Pid.B/2003/PN.Jak.Sel.). Selama ini sudah dikenal dua sistem pertanggungjawaban pidana pers yang menonjol, masing-masing menurut sistem deelmening atau penyertaan dan sistem waterfall atau air terjun. Ketentuan-ketentuan pidana yang bersangkutan dengan pers yang meliputi beberapa tindak pidana pers dan pertanggungjawaban atas suatu tulisan sekarang sudah mengalami suatu pergeseran. Berbicara tentang pertanggungjawaban pidana (criminal responsibility) dalam tindak pidana pers, maka yang dimaksud disini adalah pertanggungjawaban pidana menurut sistem yang berlaku dalam perundang-undangan saat ini yaitu Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Dalam karya tulis ini menggunakan dasar analisis kasus Rakyat Merdeka Vs Ir. Akbar Tandjung, yaitu Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan No. 37/Pid.B/2003/PN.Jak.Sel, serta ketentuan tentang pertanggungjawaban pidana oleh pers di berbagai Negara, maka metode pendekatan yang dipakai adalah pendekatan yuridis normatif, mengkaji dan menganalisis permasalahan yang ditetapkan secara yuridis dengan menggunakan bahan hukum buku-buku karya tulis, teori-teori dan doktrindoktrin para ahli hukum, kemudian seluruh data yang ada dianalisa secara analisis isi (content analysis). Namun, penggunaan pidana dalam menyelesaikan kasus pers tidak begitu diminati di banyak Negara, sehingga beberapa Negara mengalihkan beberapa pasal pidana menjadi pasal perdata dengan sanksi hukum berupa denda secara proporsional sesuai dengan kemampuan pembayar denda, dan bukan dengan sanksi penjara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/050701312
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 30 May 2007 00:00
Last Modified: 28 Oct 2021 04:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109739
[thumbnail of 050701312.pdf]
Preview
Text
050701312.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item