Pelaksanaan Penanganan Tempat Kejadian Perkara Pada Tahap Kecelakaan Lalu-lintas : studi di Operasional Pos LAKA Brongkos Polres Blitar

GatotTeguhAprianto (2006) Pelaksanaan Penanganan Tempat Kejadian Perkara Pada Tahap Kecelakaan Lalu-lintas : studi di Operasional Pos LAKA Brongkos Polres Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi dengan judul " Pelaksanaan Penanganan Tempat Kejadian Perkara Pada Penyidikan Kecelakaan Lalu-lintas " penulis kaji dalam tiga Rumusan permasalahan yaitu Pertama, bagaimana langkah-langkah dalam pelaksanaan penanganan di TKP guna memperoleh bukti-bukti atau fakta-fakta yang dilakukan oleh pihak penyidik kecelakaan lalu-lintas. Yang kedua, kendala-kendala apakah yang dihadapi pihak penyidik dalam pelaksanaan penanganan TKP kecelakaan lalu-lintas. Yang Ketiga, Upaya apakah yang dilakukan oleh pihak penyidik dalam mengatasi kendala dalam pelaksanaan penanganan TKP kecelakaan lalu-lintas. Dalam menganalisis pemasalahan penulis menggunakan metode Yuridis sosiologis. Penelitian ini menghasilkan bahwa pelaksanaan penanganan tempat kejadian perkara sangatlah bermanfaat untuk memperoleh bukti awal yang digunakan untuk penyidikan lebih lanjut. Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan oleh penyidik adalah mulai dari tindakan pertama di tempat kejadian perkara, pengolahan tempat kejadian perkara sampai pengakhiran penanganan TKP kecelakaan lalu-lintas. Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam melakukan penanganan tempat kejadian perkara adalah kekurangtahuan masyarakat terhadap arti pentingnya TKP dalam suatu pengungkapan sebab-sebab terjadinya suatu kecelakaan lalu-lintas, sarana dan prasarana serta profesionalitas dalam pelaksanaan penanganan TKP serta kurangnya jumlah anggota . Adapun upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut dengan melakukan penyuluhan terhadap masyarakat tentang arti pentingnya TKP dimana harus pada keadaan semula atau berada dalam status quo, penambahan jumlah anggota dan peningkatan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2006/287/050700095
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2009 09:17
Last Modified: 28 Oct 2021 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109699
[thumbnail of 050700095.pdf]
Preview
Text
050700095.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item