Tanggung Jawab Perusahaan Waralaba Di Bidang Usaha Jasa Restoran Siap Saji Untuk Menjaga Standar Mutu Makanan Sebagai Salah Satu Bentuk Perlindungan Terhadap Konsumen

RetnoAriyani (2006) Tanggung Jawab Perusahaan Waralaba Di Bidang Usaha Jasa Restoran Siap Saji Untuk Menjaga Standar Mutu Makanan Sebagai Salah Satu Bentuk Perlindungan Terhadap Konsumen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan skripsi ini membahas mengenai masalah Tanggung Jawab Perusahaan Waralaba Di Bidang Usaha Jasa Restoran Siap Saji Untuk Menjaga Standar Mutu Makanan Sebagai Salah Satu Bentuk Perlindungan Terhadap Konsumen. Hal ini dilatar belakangi oleh perkembangan modernisasi yang mengakibatkan semakin meningkatnya konsumsi masyarakat di kota-kota besar, termasuk Malang, terhadap makanan siap saji. Namun, tingginya konsumsi masyarakat terhadap makanan siap saji tersebut tidak diiringi dengan keterbukaan dari pihak restoran siap saji mengenai standar mutu makanan siap saji kepada pihak konsumen. Sehingga muncullah permasalahan apakah standar mutu makanan di restoran siap saji telah sesuai dengan UU No. 7 tahun 1996 tentang Pangan serta PP No. 28 tahun 2004 tentang Keamanan, Mutu dan Gizi Pangan. Selain itu permasalahan lainnya adalah bagaimana bentuk pertanggung jawaban pihak restoran siap saji apabila terjadi ketidakpuasan makanan siap saji yang dikonsumsi oleh konsumen. Sebagai upaya untuk mengetahui kesesuaian antara standar mutu makanan pada restoran siap saji dengan UU No. 7 tahun 1996 serta PP No. 28 tahun 2004, berikut dengan tanggung jawab pihak restoran siap saji apabila terjadi ketidakpuasan dari konsumen terhadap makanan siap saji, maka metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis, yaitu mengkaji dan menganalisa permasalahan yang ditetapkan secara yuridis dengan melihat fakta sosiologis secara obyektif. Kemudian seluruh data yang telah dikumpulkan dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, kemudian diperoleh jawaban atas permasalah-an yang ada, bahwa standar mutu makanan pada ketiga restoran yang diteliti yaitu Kentucky Fried Chicken (KFC), Wendys dan Pizza Hut, telah memenuhi persyaratan sebagaimana ditentukan di dalam UU No. 23 tahun 1992 tentang Kesehatan, UU No. 7 tahun 1996, serta PP No. 28 tahun 2004, Kepmenkes No. 1098/MENKES/SK/VII/2003 tentang Persyaratan Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran serta Peraturan Daerah Kota Malang No. 9 Tahun 1994 tentang Persyaratan Kesehatan Rumah Makan dan Restoran. Sedangkan tanggung jawab yang dilakukan oleh pelaku usaha yakni pihak restoran siap saji, baik di KFC, Wendys atau pun Pizza Hut adalah langsung dan seketika saat terjadi keluhan dari konsumen atas makanan siap saji yang dikonsumsi yang termasuk ke dalam bentuk tanggung jawab product liability dikaitkan dengan strict liability . Menyikapi fakta-fakta tersebut di atas, maka pihak restoran siap saji diharapkan harus lebih terbuka terhadap konsumen mengenai mutu makanan serta kandungan gizi yang terkandung di dalam makanan siap saji, bagi pihak Dinas Kesehatan diharapkan harus lebih intensif untuk memeriksa kelaikan dan kesehatan di restoran siap saji dan pihak konsumen diharapkan harus lebih kritis ketika mengalami ketidakpuasan terhadap makanan siap saji yang dikonsumsinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2006/195/050602864
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2009 09:20
Last Modified: 28 Oct 2021 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109690
[thumbnail of 050602864.pdf]
Preview
Text
050602864.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item