Sebab dan Pembinaan Narapidana Wanita Yang Melakukan Kejahatan Narkoba : studi Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wanita Malang

DewiRachmawati (2006) Sebab dan Pembinaan Narapidana Wanita Yang Melakukan Kejahatan Narkoba : studi Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wanita Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai Sebab dan Pembinaan Narapidana Wanita Yang Melakukan Kejahatan Narkoba. Akhir-akhir ini, berbagai media massa diramaikan oleh pemberitaan yang menyangkut penyalahgunaan, peredaran narkotika dan obat-obatan berbahaya (Narkoba) yang dilakukan oleh wanita. Munculnya kasus mengenai peredaran dan penggunaan obat-obatan terlarang di Indonesia patut untuk mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Penggunaan dosis tertentu akan dapat menimbulkan ketergantungan pada pemakainya.Dalam hal ini kejahatan khusus yang dilakukan oleh wanita yang semakin beragam bersamaan dengan semakin meningkatnya peranan wanita dalam kehidupan masyarakat. Banyaknya kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh wanita, tentunya disebabkan oleh banyak hal. Tak hanya kalangan pelajar dan mahasiswa saja yang melakukan kejahatan tersebut, melainkan banyak para ibu-ibu yang melakukan kejahatan narkoba ini. Biasanya para pengguna menggunakan narkoba dengan tujuan untuk bersenang-senang saja, tetapi banyak juga ibu-ibu yang menjadi pengedar narkoba demi untuk mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya. Permasalahan dari penulisan karya akademik ini dititikberatkan pada sebab-sebab narapidana wanita melakukan kejahatan narkoba dan pembinaannya serta kendala yang dihadapi dalam pembinaan narapidana narkoba dan upaya-upaya untuk mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan untuk membahas permasalahan yang diajukan adalah dengan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis.Dalam penelitian ini digunakan tehnik pengumpulan data dengan cara wawancara yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kejahatan narkoba. Sedangkan untuk menganalisa data digunakan teknik deskriptif analisis yaitu dengan cara memaparkan data yang diperoleh dari hasil pengamatan lapangan dan studi pustaka kemudian dianalisis dengan teori-teori yang relevan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa narapidana pelaku kejahatan narkoba yang berada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Malang, sebagian besar melakukan kejahatan narkoba disebabkan karena adanya pengaruh lingkungan. Selain itu juga disebabkan karena ingin coba-coba dan adanya masalah ekonomi. Dan sebagian kecil disebabkan karena keluarga yang tidak harmonis yang mambuat para narapidana melupakan masalah itu dengan menggunakan narkoba. Dan pola pembinaan terhadap pelaku kejahatan narkoba sama dengan pola pembinaan narapidana dengan kejahatan yang lainnya, tidak ada pembinaan khusus yang hanya diperuntukkan kepada pelaku kejahatan narkoba. Hal ini dikarenakan keterbatasan dan kurangnya pengetahuan petugas mengenai masalah penyalahgunaan obat-obatan berbahaya, serta tidak adanya dana dari pemerintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2006/183/050602582
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2009 10:35
Last Modified: 28 Oct 2021 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109681
[thumbnail of 050602582.pdf]
Preview
Text
050602582.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item