Perlindungan Hukum Bagi Investor Sebagai Pemegang Saham Minoritas Dalam Kaitannya Dengan Masalah Delisting Kepada Emiten Dalam Praktek Kegiatan Pasar Modal Di Indonesia

IDewaPutuAdiwijayaMurti, (2006) Perlindungan Hukum Bagi Investor Sebagai Pemegang Saham Minoritas Dalam Kaitannya Dengan Masalah Delisting Kepada Emiten Dalam Praktek Kegiatan Pasar Modal Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar Modal saat ini mempunyai peranan yang strategis dalam pembangunan perekonomian Indonesia,yaitu sebagai salah satu sumber pembiayaan bagi dunia usaha dan wahana investasi bagi masyarakat. Karena itu, maka perlu diciptakan suatu kegiatan perdagangan dalam pasar modal yang aman dan sehat. Modernisasi dan regulasi pasar modal yang baik menjadi salah satu kunci sukses dalam menciptakan iklim investasi yang sehat dan menjamin kepastian hukum bagi setiap pihak yang terlibat didalamnya. Terkait dengan masalah penegakan hukum, dalam pasar modal dikenal istilah delisting atau pembatalan pencatatan efek kepada emiten sebagai salah satu bentuk sangsi administratif. Namun dalam prakteknya, delisting masih menyisakan beberapa permasalahan hukum yang perlu dikaji dan dicari penyelesaiannya. Permasalahan itu antara lain adalah bagaimana bentuk perlindungan bagi investor sebagai pemegang saham minoritas dalam kaitannya dengan masalah delisting kepada emiten dalam praktek kegiatan pasar modal di Indonesia menurut peraturan yang berlaku serta bagaimana upaya bursa efek sebagai Self Regulatory Organization dalam melindungi kepentingan investor ketika terjadi delisting kepada emiten dalam kegiatan pasar modal di Indonesia. Untuk dapat menjawab permasalahan diatas, penulis menggunakan metode pendekatan penelitian yuridis normatif untuk mengkaji tentang perlindungan bagi pemegang saham minoritas dalam kaitannya dengan masalah delisting kepada emiten dalam praktek kegiatan pasar modal di indonesia menurut Undang-Undang Perseroan Terbatas Nomor 1 Tahun 1995 dan Peraturan Pasar Modal yang terkait dengan masalah Delisting. Dalam hal perlindungan bagi investor dalam kedudukannya sebagai pemegang saham minoritas suatu perseroan khususnya ketika terjadi delisting terhadap emiten , Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1995 Tentang Perseroan Terbatas telah memberikan sejumlah mekanisme perlindungan yang baik. Namun sayangnya sejumlah mekanisme tadi jarang dimanfaatkan dengan baik oleh investor. Sedangkan bursa sebagai Self Regulatory Organization juga memiliki upaya tersendiri dalam melindungi para investor. Upaya tersebut antara lain adalah dengan modernisasi pasar modal yang menunjang pengawasan dan keterbukaan pasar modal serta regulasi melalui peraturan bursa yang berpihak kepada investor, salah satunya dengan dikeluarkannya Peraturan Bursa Efek Jakarta Nomor I tentang Pencatatan Efek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2006/175/050602574
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2009 10:28
Last Modified: 28 Oct 2021 02:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109674
[thumbnail of 050602574.pdf]
Preview
Text
050602574.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item