Efektivitas Penerbitan Sertifikat Layak Jual sebagai Upaya Perlindungan Konsumen Perumahan Dalam Standardisasi Penjualan dan Pembangunan Perumahan : studi di Kantor Sekretariat DPD REI Jatim Komisari

YoyokSubandi (2006) Efektivitas Penerbitan Sertifikat Layak Jual sebagai Upaya Perlindungan Konsumen Perumahan Dalam Standardisasi Penjualan dan Pembangunan Perumahan : studi di Kantor Sekretariat DPD REI Jatim Komisari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai Efektivitas Penerbitan Sertifikat Layak Jual sebagai Upaya Perlindungan Konsumen Perumahan Dalam Standardisasi Penjualan dan Pembangunan Perumahan. Hal ini dilatar belakangi dengan masalah perumahan yang merupakan permasalahan kompleks karena faktor kebutuhan manusia selain sandang dan pangan. Permasalahan dalam pembangunan perumahan belum ada tanda-tanda yang terakhir. Berbagai praktek dalam pembangunan dan pemasaran perumahan yang dikategorikan sebagai kejahatan yang merugikan konsumen perumahan. Banyaknya pengaduan konsumen juga merupakan cermin belum adanya kesadaran dikalangan pengembang. Tidak hanya konsumen yang dirugikan akibat perilaku pengembang tersebut, para pengembang yang menerapkan standar profesional dalam menjalankan usahanya juga ikut terkena imbasnya. Kepercayaan masyarakat terhadap pengembang menjadi turun dan hal tersebut menyebabkan reputasi REI sebagai organisasi pengembang menjadi wadah berkumpul para pengembang mengalami kemerosotan. Dalam upaya untuk mengkaji dan menganalisi kriteria pertimbangan anggota DPD REI Jatim dalam menerbitkan Sertifikat Layak Jual sebagai upaya perlindungan konsumen perumahan dalam standardisasi penjualan dan pembangunan perumahan dan menganalisis efektivitas penerbitan Sertifikat Layak Jual serta mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat pemilikan Sertifikat Layak Jual bagi pengembang. Maka metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis, mengetahui dan mendiskripsikan serta menganalisis permasalahan yang ditetapkan secara yuridis dengan melihat fakta sosiologis secara obyektif. Kemudian, seluruh data yang ada di analisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa kriteria pertimbangan dalam penerbitan Sertifikat Layak Jual berdasar materi standar dan syarat penerbitan yang ada di dalam Sertifikat Layak Jual. Sedangkan, perihal efektivitas penerbitan Sertifikat Layak Jual, pada kenyataannya merupakan program yang efektif untuk tetap dilaksanakan karena didalamnya memuat ketentuan terhadap upaya perlindungan konsumen dan pengembang yang profesional. Adanya faktor penghambat pemilikan Sertifikat Layak Jual oleh pengembang, menjadi penghambat dalam merealisasikan upaya perlindungan konsumen seperti substansi dari Sertifikat Layak Jual, pihak terkait dalam penerbitan, dan masyarakat (konsumen dan pengembang). Menyikapi fakta-fakta tersebut di atas, maka perlu adanya upaya untuk mengatasi hambatan pemilikan Sertifikat Layak Jual oleh pengembang yaitu dengan cara merevisi substansi Sertifikat Layak Jual, mensosialisasikan program Sertifikat Layak Jual dan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2006/169/050602568
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2009 10:56
Last Modified: 28 Oct 2021 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109669
[thumbnail of 050602568.pdf]
Preview
Text
050602568.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item