Efektifitas Pelaksanaan Pasal 3 Huruf Ckeputusan Menteri No. Kep-117 / M-MBU / 2002 Tentang Penerapan Praktek Good Corporate Governance Untuk Meningkatkan Akuntabilitas Pada Badan Usaha Milik Negara (

RendraDesyanto (2006) Efektifitas Pelaksanaan Pasal 3 Huruf Ckeputusan Menteri No. Kep-117 / M-MBU / 2002 Tentang Penerapan Praktek Good Corporate Governance Untuk Meningkatkan Akuntabilitas Pada Badan Usaha Milik Negara (. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kaedah Tata kelola Perusahaan yang Baik/Good Corporate Governance pada perusahaan merupakan pedoman bagi korporasi sebagai sistem pengelolaan BUMN yang sehat. Prinsip Good Corporate Governance mulai diterapkan sejak terjadi krisis moneter di Indonesia agar BUMN tersebut tetap eksis, namun tidak semua BUMN menggunakan pedoman tata kelola yang baik tersebut. Untuk itu dikeluarkan KEPMEN No. KEP-117/M-MBU/2002 Tentang penerapan Praktik Good Corporate Governance pada BUMN. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dapat ditarik rumusan masalah : 1. Apakah efektifif pelaksanaan pasal 3 huruf c KEPMEN No. KEP-117/M-MBU/2002 Tentang penerapan praktik Good Corporate Governance untuk meningkatkan akuntabilitas pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang ?; 2. Bagaimana upaya yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia Malang dalam menanggulangi hambatan efektifitas pelaksanaan pasal 3 huruf c KEPMEN No. KEP-117/M-MBU/2002 Tentang penerapan praktik Good Corporate Governance untuk meningkatkan akuntabilitas pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang ? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris. Selain itu penelitian ini juga memakai pendekatan studi kasus (case study ). Lokasi penelitian dilakukan di P.T Pos Indonesia (Persero) Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Data Primer, (2) Data Sekunder, Data Primer bersumber dari hasil penelitian lapang (empirik) yang berupa hasil wawancara dengan pihak-pihak terkait dengan permasalahan yang diteliti oleh peneliti di P.T Pos Indonesia (Persero) Malang, Data Sekunder bersumber dari penelusuran kepustakaan (literatur). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : untuk data primer dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam, Data Sekunder diperoleh dari library research (studi kepustakaan). Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari penulisan ini adalah Pelaksanaan pasal 3 huruf c KEPMEN No. KEP-117/M-MBU/2002 Tentang penerapan praktik Good Corporate Governance untuk meningkatkan akuntabilitas pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang belum berjalan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kendala baik dalam substansi (belum mampu mendorong P.T Pos Indonesia Malang dalam membuat keputusan. kebijakan dan menjalankan tindakan manajerial yang dilandasi oleh nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta kesadaran akan adanya tanggung jawab sosial organisasi), struktur (kurang mampunya sumber daya manusia yang tersedia di P.T Pos Indonesia Malang) dan budaya (budaya kerja di P.T Pos Indonesia Malang belum menunjukkan budaya organisasi yang profesional). Upaya PT. Pos Indonesia Malang dalam menanggulangi hambatan efektifitas pelaksanaan pasal 3 huruf c KEPMEN No. KEP-117/M-MBU/2002 Tentang penerapan praktik Good Corporate Governance untuk meningkatkan akuntabilitas pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang dengan cara : (a). Melakukan Pendidikan dan pelatihan bagi pegawai., (b). Melakukan monitoring atau pengamatan secara periodik dan kontinu mengenai kewajiban dan tanggung jawab Direksi Perusahaan dalam melaksanakan tugasnya., (c). Pihak P.T. Pos Indonesia Malang merespon dan melayani apa yang menjadi kepentingan dan harapan masyarakat. (d). Adanya kordinasi secara menyeluruh serta kerjasama yang baik antara pemegang saham, Dewan Komisaris serta direksi perusahaan, dengan melakukan rapat setiap bulan terhadap hasil yang telah dicapai dan apabila ada kesalahan dapat segera diminimalisir. (e). Mencegah kelalaian yang mungkin terjadi.

English Abstract

The principle of Good Corporate Governance in a corporation serves as management system guide for healthy BUMN. This principle has been implemented implemented initially since monetary crisis in Indonesia, in order BUMN survives, however not all BUMN applied Good Corporate Governance. Therefore, Minister Decision No. KEP-117/M-MBU/2002 concerning the Implementation of Good Corporate Governance in BUMN is issued. Based on this case, therefore the statement of the problems is: 1. Is the implementation of section 3 article c Minister Decision No. KEP-117/M-MBU/2002 concerning the Implementation of Good Corporate Governance is effective to improve the accountability of PT. Pos Indonesia (Persero) Malang?; 2. How is the effort conducted by PT. Pos Indonesia Malang in overcoming the obstacle of effectiveness in implementing section 3 article c Minister Decision No. KEP-117/M-MBU/2002 concerning the Implementation of Good Corporate Governance to improve the accountability of PT. Pos Indonesia (Persero) Malang?. This study applied juridical-empirical approach. Besides, this study also used case study approach. The location of study is PT. Pos Indonesia (Persero) Malang. The type of data used in this study is (1) Primary Data, (2) Secondary Data. Primary data come from the result of field (empirical) research in the shape of interview result with related parties with the problem examined by the researcher in PT. Pos Indonesia (Persero) Malang. Secondary data come from library research (literature). The technique of data collection applied in this study is: primary data were collected with indepth interview, meanwhile secondary data were collected with library research. The data were analyzed by using descriptive-qualitative analysis technique. The result of the study indicated that the implementation of section 3 article c Minister Decision No. KEP-117/M-MBU/2002 concerning the Implementation of Good Corporate Governance to improve the accountability of PT. Pos Indonesia (Persero) Malang is not yet run effectively. This is indicated with the presence of obstacles on substance (it is not yet able to encourage PT. Pos Indonesia Malang in decision making, policy and carrying out mangerial action based on high moral standard and the adherence to the rule as well as the awareness on social responsibility of organization), structure (less capable human resources provided in PT. Pos Indonesia Malang) and culture (working culture in PT. Pos Indonesia Malang does not yet indicate professional organization culture). The effort of PT. Pos Indonesia Malang in overcoming effectiveness obstacle in the implementation of section 3 article c Minister Decision No. KEP-117/M-MBU/2002 concerning the Implementation of Good Corporate Governance to improve the accountability og PT. Pos Indonesia (Persero) Malang by: (a) Providing education and training for the employee, (b) Carrying out periodic and continuous monitoring the obligation and responsibility of Director in conducting the job, (c) The management of PT. Pos Indonesia Malang responds and serves the needs and expectations of the people, (d) The complete coordination and good cooperation among stakeholders, commissioners and director, by conducting monthly meeting concerning the achieved goal, and if there is any mistake, it will be eliminated quickly, (e) Preventing carelessness that may happen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2006/167/050602566
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2009 10:40
Last Modified: 28 Oct 2021 02:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109667
[thumbnail of 050602566.pdf]
Preview
Text
050602566.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item