Eksekusi Jaminan Peralatan Kandang Milik Peternak oleh PT. Malindo Feedmill Akibat Wanprestasi dalam Perjanjian Pemeliharaan Ayam Pedaging : studi di PT. Malindo Feedmill Gresik-Jawa Timur

ImasChandraFirdasari (2006) Eksekusi Jaminan Peralatan Kandang Milik Peternak oleh PT. Malindo Feedmill Akibat Wanprestasi dalam Perjanjian Pemeliharaan Ayam Pedaging : studi di PT. Malindo Feedmill Gresik-Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas masalah Eksekusi Jaminan Peralatan Kandang Milik Peternak Oleh PT. Malindo Feedmill Akibat Wanprestasi dalam Perjanjian Pemeliharaan Ayam Pedaging antara Peternak dengan PT. Malindo Feedmill. Adapun permasalahan yang dibahas meliputi faktor penyebab peternak dianggap melakukan wanprestasi yang mengakibatkan kerugian sebagaimana dimaksud dalam perjanjian pemeliharaan ayam pedaging dikaitkan dengan perjanjian pemeliharaan ayam pedaging serta pasal 1243 KUH Pdt, mekanisme penyelesaian sengketa eksekusi jaminan peralatan kandang milik peternak serta upaya yang dapat dilakukan oleh peternak apabila eksekusi jaminan peralatan kandang milik peternak tersebut secara sepihak dianggap memberatkan. Penelitian yang dilakukan penulis ini menggunakan metode pendekatan hukum yuridis sosiologis, yaitu metode pendekatan yang dilakukan dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penelitian di kantor PT. Malindo Feedmill Gresik-Jatim. Hasil peneltian yang diperoleh adalah bahwa, faktor penyebab peternak dianggap melakukan wanprestasi yang mengakibatkan kerugian terhadap perusahaan dikaitkan dengan perjanjian pemeliharaan ayam pedaging meliputi : tidak memenuhi dengan tepat kewajibannya kepada perusahaan, memenuhi tetapi tidak sebagaimana mestinya, tidak mengikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh perusahaan atau apabila melakukan tindakan tercela yang merugikan perusahaan. Mekanisme penyelesaian sengketa eksekusi jaminan peralatan kandang milik peternak dilakukan apabila peternak melakukan wanprestasi, akan tetapi eksekusi terhadap peralatan kandang milik peternak dilakukan setelah munculnya Surat Peringatan Ke-3 dengan jangka waktu 3 bulan, yang bertujuan memberi waktu peternak menyelesaikan kewajibannya agar peralatan kandang batal dieksekusi, serta upaya yang dapat dilakukan oleh peternak apabila eksekusi jaminan peralatan kandang tersebut secara sepihak dianggap memberatkan melalui surat pengajuan keberatan kepada pihak perusahaan atas kesalahan yang dituduhkan kepadanya disertai bukti dan data yang mendukung, dan diikuti dengan upaya pro aktif menyelesaikan permasalahan dengan cara musyawarah mufakat dengan pihak perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2006/050900216
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2009 11:17
Last Modified: 28 Oct 2021 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109659
[thumbnail of 050900216.pdf]
Preview
Text
050900216.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item