Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Minat Menggunakan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Ardhiansyah, HilmanDhany (2017) Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Minat Menggunakan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi risiko, kualitas informasi, norma subjektif, daya tarik promosi dan kepercayaan terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan uang elektronik. Sumber data yang digunakan dalam peneltian ini adalah data primer. Data yang digunakan berasal dari kuesioner yang dibagikan kepada 150 responden, yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima variabel independen yaitu persepsi kemudahan, persepsi risiko, kualitas informasi, norma subjektif, dan kepercayaan berpengaruh secara siginifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik. Sebaliknya untuk dua variabel yang tersisa yaitu persepsi kegunaan dan daya tarik promosi tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan uang elektronik. Dalam penelitian ini variabel persepsi kegunaan tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan uang elektronik hal ini mungkin disebabkan kurangnya manfaat yang telah dirasakan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Selanjutnya hasil penelitian dari variabel daya tarik promosi didapatkan bahwa daya tarik promosi tidak berpengaruh, hal ini mungkin dikarenakan promosi yang dilakukan oleh penyedia layanan uang elektronik kurang baik terhadap mahawiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/76/051702693
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Mar 2017 09:46
Last Modified: 27 Oct 2021 07:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109613
[thumbnail of SKRIPSI_FULL_Hilman_Dhany_A_S1_Akuntansi.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL_Hilman_Dhany_A_S1_Akuntansi.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item