Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015

Heriani, JayantiWidya (2017) Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal kerja perusahaan terhadap profitabilitas. Variabel independen dalam penelitian adalah siklus konversi kas, periode penangguhan hutang, periode penerimaan rata-rata piutang dan periode konversi persediaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur dengan Return on Asset (ROA). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori yang menjelaskan hubungan atau pengaruh antar variabel. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 9 perusahaan farmasi dan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan farmasi dari BEI periode 2012-2015. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan uji parsial yang menunjukkan hasil bahwa siklus konversi kas berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap profitabilitas, periode penerimaan rata-rata piutang dan periode konversi persediaan berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap profitabilitas, serta periode penangguhan hutang tidak berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/248/051704546
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 15 Jun 2017 13:39
Last Modified: 04 Nov 2021 03:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109534
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item