Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pengangguran Terbuka, Dan Ketimpangan Pendapatan Terhadap Kemiskinan Di Jawa Timur

Amalia, FatimahRizka (2016) Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pengangguran Terbuka, Dan Ketimpangan Pendapatan Terhadap Kemiskinan Di Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan di suatu negara dapat dikatakan berhasil apabila kesejahteraan masyarakat juga meningkat. Kemiskinan merupakan masalah yang sangat sulit untuk dihilangkan di negara berkembang seperti Indonesia. Kemiskinan di Jawa Timur cenderung menurun tiap tahunnya tetapi jumlahnya selalu lebih tinggi jika dibandingkan dengan kemiskinan nasional. Padahal pertumbuhan ekonomi Jawa Timur selalu berada di atas angka nasional dan menjadi kontributor terbesar kedua setelah DKI Jakarta. Angka tingkat pengangguran terbuka dan ketimpangan pendapatan di Jawa Timur juga terbilang cukup baik jika dibandingkan dengan beberapa provinsi lain di Indonesia terutama di Pulau Jawa. Dengan beberapa variabel yang telah ditentukan, penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui bagaimana pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap kemiskinan di Provinsi Jawa Timur, (2) mengetahui bagaimana pengaruh tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Jawa Timur, (3) mengetahui bagaimana pengaruh ketimpangan pendapatan terhadap kemiskinan di Provinsi Jawa Timur, (4) mengetahui bagaimana pengaruh dominasi sektoral terhadap kemiskinan di Provinsi Jawa Timur. Tempat dan waktu penelitian ini adalah pada seluruh kabupaten dan kota di Jawa Timur selama tahun 2011 - 2015. Metode analisis yang akan digunakan adalah regresi data panel. Hasil penelitian menggunakan fixed effect model menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan sedangkan tingkat pengangguran terbuka, ketimpangan pendapatan, dan dominasi sektoral berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/20/051701960
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Mar 2017 09:21
Last Modified: 27 Oct 2021 04:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109483
[thumbnail of SKRIPSI_FATIMAHRIZKAAMALIA_125020100111085.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FATIMAHRIZKAAMALIA_125020100111085.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item