Analisis Tingkat Efisiensi Perbankan Konvensional Dan Syariah Di Indonesia: Pendekatan Stochastic Frontier Analysis (Sfa)

Prastyo, Adithya (2017) Analisis Tingkat Efisiensi Perbankan Konvensional Dan Syariah Di Indonesia: Pendekatan Stochastic Frontier Analysis (Sfa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perbankan Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) harus dapat bersaing dengan masuknya perbankan asing sebelum itu efisiensi merupakan tonggak utama kinerja yang baik. Salah satu cara agar dapat bersaing menghadapi masuknya perbankan asing adalah dengan dilakukannya peningkatan kinerja perbankan dengan indikator efisiensi. Selanjutnya peneliti ingin mengetahui perkembangan perbankan konvensional dan syariah di Indonesia. Perhitungan efisiensi akan dilakukan dengan menggunakan metode SFA. Hasil penelitian menggunakan Stochastic Frontier Analysis (SFA) perhitungan efisiensi menunjukkan bahwa hanya BOPO merupakan variabel yang signifikan dalam mempengaruhi nilai efisiensi Perbankan Konvensional dan Syariah di Indonesia. Hasil rata-rata efisiensi bank sampel menunjukkan bahwa perbankan dari sisi bank syariah ada Bank Muamalat dan Bank Mega Syariah yang menunjukkan kinerja efisiensi paling baik, sedangkan nilai tertinggi dalam bank konvensional adalah BRI dan Bank Mandiri dan dalam penelitian ini juga memperlihatkan bahwa bank persero konvensional menunjukkan kinerja yang stabil sedangkan bank swasta konvensional menunjukkan kinerja yang tidak lebih baik . Dan hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa bank syariah lebih baik daripada Bank Konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/188/051703711
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 29 May 2017 09:21
Last Modified: 27 Oct 2021 04:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109469
[thumbnail of 051703711_SEKIPSI_(adithya_prastyo).pdf]
Preview
Text
051703711_SEKIPSI_(adithya_prastyo).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item