Quo Vadis Transformasi Kelembagaan Perpajakan Indonesia? (Persepsi Akademisi, Konsultan Pajak, Dan Wajib Pajak Di Kota Malang)

Sugiarto, Robby (2017) Quo Vadis Transformasi Kelembagaan Perpajakan Indonesia? (Persepsi Akademisi, Konsultan Pajak, Dan Wajib Pajak Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lembaga perpajakan di Indonesia belum menunjukan kinerja yang baik. Hal ini diperkuat dengan tak kunjung tercapainya target penerimaan pajak dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi ini direspon oleh pemerintah dengan merencanakan transformasi kelembagaan perpajakan di indonesia sebagai hasil evaluasi kinerja yang tercantum dalam RUU KUP tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi Direktorat Jendral Pajak, Untuk mengetahui persepsi Akademisi, Konsultan Pajak, dan Wajib Pajak Mengenai transformasi lembaga perpajakan di Indonesia, serta untuk mengetahui persepsi mengenai konsep bentuk kelembagaan Direktorat Jenderal Pajak setelah dilakukan transformasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sumber data Purposive sampling yang dipadukan dengan Snowball Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat permasalahan pokok berupa Tax Ratio dan Tax Compliance yang rendah, target penerimaan yang belum tercapai, dan keterbatasan wewenang yang dihadapi Direktorat Jenderal Pajak. Rencana Transformasi kelembagaan juga mendapat respon yang positif dengan menjadikan DJP menjadi lembaga yang lebih otonom dan independent. Setelah dilakukan transformasi perlu menjadikan DJP menjadi Lembaga Badan Penerimaan Pajak (BPN) dengan Konsep Semi Otonom sebagai pilihan yang tepat dengan kondisi saat ini sesuai dengan rencana yang tercantum dalam pasal RUU KUP tahun 2016.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/159/051703502
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 02 May 2017 14:18
Last Modified: 29 Oct 2021 02:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109438
[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_FIX.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LENGKAP_FIX.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item