Pengaruh Dana Zakat Konsumtif Terhadap Konsumsi Mustahik (Studi Pada Penerima Dana Zakat Laz El-Zawa Uin Maulana Malik Ibrahim)

HadiyantiPermana, Prisma (2017) Pengaruh Dana Zakat Konsumtif Terhadap Konsumsi Mustahik (Studi Pada Penerima Dana Zakat Laz El-Zawa Uin Maulana Malik Ibrahim). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberadaan Indonesia sebagai negara berkembang tidak dapat lepas dari permasalahan di bidang ekonomi. Salah satunya adalah disparitas (ketimpangan) distribusi pendapatan dan kemiskinan. Untuk mencegah dan mengatasi dampak kemiskinan agar dapat diminimalisir, maka perlu adanya pemerataan pendapatan dalam masyarakat dan upaya adanya kontribusi dari pihak yang mengeluarkan sebagian harta kekayaan dalam bentuk dana zakat untuk diberikan kepada mereka yang kurang mampu. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dana zakat konsumtif terhadap konsumsi mustahik. LAZ eL-Zawa UIN Maulana Malik Ibrahim dipilih sebagai tempat penelitian karena tempat tersebut memiliki pengelolahan zakat yang bersifat konsumtif dan produktif serta keberadaannya sudah lama berdiri yaitu lebih dari 7 tahun. Berdasarkan uji regresi linier berganda, dari 3 variabel yang diteliti hanya variabel pendapatan sebelum diberi dana zakat yang tidak signifikan terhadap konsumsi mustahik. Hal ini dikarenakan variabel pendapatan sebelum diberi dana zakat mustahik hanya mengandalkan pendapatan yang ia peroleh saat bekerja. Apabila seorang mustahik tersebut tidak bekerja maka dia dikatakan tidak mempunyai pendapatan. Variabel pendapatan mustahik dan alokasi pendayagunaan zakat berpengaruh signifikan terhadap konsumsi mustahik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/150/051703453
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 25 Apr 2017 11:17
Last Modified: 29 Oct 2021 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109429
[thumbnail of PRISMA_HADIYANTI_PERMANA-FEB_(SKRIPSI).pdf]
Preview
Text
PRISMA_HADIYANTI_PERMANA-FEB_(SKRIPSI).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item