Kurniawan, Moh Rendi (2018) Tingkat Kepuasan Petani Tembakau Terhadap Program Kemitraan Dengan Pt. Shadana Arif Nusa Di Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Komoditas tembakau merupakan salah satu komoditas pertanian yang beorientasi pasar dan mempunyai peran penting di masyarakat yaitu dapat menumbuhkan banyak kesempatan kerja baik dengan petani sebagai penghasil daun tembakau dan perusahaan sebagai tempat pengolahan hasil produksi tembakau. Mengingat budidaya tembakau memerlukan permodalan yang besar serta kondisi petani yang lemah baik dalam hal manajemen dan profesionalisme serta terbatasnya akses terhadap permodalan, teknologi dan jaringan pemasaran maka diperlukan peran serta pengusaha besar (pemilik modal) untuk membantu mengembangkan usahatani dalam bentuk kemitraan. Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu penghasil produksi tembakau di Indonesia. Komoditi tembakau di Jawa Timur diusahakan oleh Perkebunan Rakyat (PR) dan Perkebunan Besar Negara (PTPN). Pada tahun 2010 Jawa Timur mampu manghasilkan tembakau sebanyak 53.695 ton dengan luas areal 115.343 Ha (Dinas Perkebunan Jawa Timur, 2011). Wilayah Madura merupakan salah satu penghasil produksi tembakau di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Pamekasan. Kemitraan ini di perlukan kualitas pelayanan yang baik dan prima. Sehingga akan memberikan kepuasan kepada petani tembakau dan dengan didukung oleh manajemen dalam penyusunan strategi dalam pelaksanaan kemitraan. Sehingga dapat mempertahankan keberlangsunan kemitraan yang dijalankan. Program kemitraan yang djalankan oleh petani tembakau diharapkan dapat mendatangkan manfaat untuk kedua belah pihak. Manfaat lain yang di harapkan yaitu adanya peningkatan kualitas tembakau, peningkatan efisiensi usahatani dan peningkatan keuntungan bagi petani tembakau. Ketika kemitraan yang dijalankan tersebut bisa memberikan manfaat bagi petani tembakau maka dapat dikatakan program kemitraan tersebut efektif bagi petani tembakau sehingga perlu dipertahankan keberlanjutanya. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan faktor internal dan eksternal dengan tingkat kepuasan petani pada program kemitraan dengan PT. Shadana Arif Nusa (2) Menganalisis hubungan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan petani pada program kemitraan dengan PT. Shadana Arif Nusa (3) Mendeskripsikan hubungan kualitas pelayanan yang paling dominan pada tingkat kepuasan pada program kemitraan yang terjalin antara petani tembakau dengan PT. Shadana Arif Nusadi Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan. (4) Menganalisis tingkat kepuasan petani tembakau terhadap program kemitraan yang di lakukan oleh PT. Shadana Arif Nusa Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan. Penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) di Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Pengambilan responden dilakukan dengan nonprobability sampling secara porpusive terhadap anggota kelompok tani yang aktif dalam melakukan kemitraan dengan PT. Shadana Arif Nusa. Peneliti melakukan wanwancara langsung kepada responden dengan menggunakan alat ii bantu kuisioner. Metode analisis yang digunakan antara lain analisis deskriptif, analisis korelasi Rank Spearman, Importance Performance Analysis (IPA) dan analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil yang didapatkan pada penelitian ini, faktor karakteristik petani dan kualitas pelayanan yang sangat mempengaruhi tingkat kepuasan dalam melakukan kemitraan dengan PT. Shadana Arif Nusa antara lain usia, pendidikan, sedangkan faktor kualitas pelayanan yang mempengaruhi terhadap tingkat kepuasan antara lain bukti fisik. kepastian, keandalan empati dan ketanggapan. Sedangkan, faktor yang tidak mempengaruhi karakteristik petani terhadap tingkat kepuasan pada program kemitraan dengan PT. Shadana Arif Nusa” antara lain luas lahan, pendidikan. Berdasarkan analisis rank spearman, faktor kualitas pelayanan yang memiliki hubungan signfikan terhadap tingkat kepuasan petani adalah keandalan, ketanggapan, jaminan,empati, bukti fisik memiliki hubungan kuat. Bedasarkan kualitas pelayanan yang memiliki hubungan yang paling dominan terhadap tingkat kepuasan yaitu pada faktor bukti fisik. Berdasarkan analisis tingkat kesesuaian kepentingan dan kinerja menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) pada semua atribut kualitas pelayanan diperoleh nilai rata-rata tingkat kesesuaian yaitu 93% sehingga dapat disimpulkan bahwa semua atribut termasuk dalam kategori sangat sesuai. Tingkat kepuasan terhadap program kemitraan yang menjadi prioritas utama adalah ketepatan waktu pemberian pupuk ZK, ketepatan waktu pemberin pupuk ZA, kualitas benih yang diberikan kepada petani tembakau, jumlah pupuk ZK yang diberikan kepada petani tembakau Bedasarkan analisis diagram kartesius kuadran I atribut yang penting namun hasil kinerjanya yang dirasakan oleh petani tembakau belum sesuai dengan harapan yaitu salah satunya pada atribut dampak kemitraan kepada kualitas diri petani temabaku, kuadran II atribut yang penting dan hasil kinerjanya dirasakan sangat baik yaitu salah satunya pada atribut kepastian pasar hasil panen tembakau, kuadran III atribut yang kurang penting bagi petani dan kinerjanya belum sesuai dengan harapan petani yaitu salah satunya pada atribut sikap penyuluh lapang, kuadran IV atribut yang kurang penting dan kinerjanya sesuai harapan petani yaitu salah satunya pada atribut jumlah pupuk ZA yang diberikan kepada petani temabakau. Bedasarkan analisis Costumer satisfaction index pada semua atribut kualitas pelayanan diperoleh hasil CSI sebesar 84,09% nilai tersebut menunjukan bahwa responden termasuk kedalam kategori sangat puas terhadap 28 atribut kualitas pelayanan. Saran yang dapat diberikan peneliti terhadap perusahaan PT. Shadana Arif NusaI yaitu, dapat meningkat kinerja pelayanan kepada petani mitra tembakau khususnya dalam memberikan bimbingan teknis kepada petani dan mengadakan sosialisasi tetang manfaat dari kemitraan agar petani tertarik dalam melakukan kemitraan.
English Abstract
Komoditas tembakau merupakan salah satu komoditas pertanian yang beorientasi pasar dan mempunyai peran penting di masyarakat yaitu dapat menumbuhkan banyak kesempatan kerja baik dengan petani sebagai penghasil daun tembakau dan perusahaan sebagai tempat pengolahan hasil produksi tembakau. Mengingat budidaya tembakau memerlukan permodalan yang besar serta kondisi petani yang lemah baik dalam hal manajemen dan profesionalisme serta terbatasnya akses terhadap permodalan, teknologi dan jaringan pemasaran maka diperlukan peran serta pengusaha besar (pemilik modal) untuk membantu mengembangkan usahatani dalam bentuk kemitraan. Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu penghasil produksi tembakau di Indonesia. Komoditi tembakau di Jawa Timur diusahakan oleh Perkebunan Rakyat (PR) dan Perkebunan Besar Negara (PTPN). Pada tahun 2010 Jawa Timur mampu manghasilkan tembakau sebanyak 53.695 ton dengan luas areal 115.343 Ha (Dinas Perkebunan Jawa Timur, 2011). Wilayah Madura merupakan salah satu penghasil produksi tembakau di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Pamekasan. Kemitraan ini di perlukan kualitas pelayanan yang baik dan prima. Sehingga akan memberikan kepuasan kepada petani tembakau dan dengan didukung oleh manajemen dalam penyusunan strategi dalam pelaksanaan kemitraan. Sehingga dapat mempertahankan keberlangsunan kemitraan yang dijalankan. Program kemitraan yang djalankan oleh petani tembakau diharapkan dapat mendatangkan manfaat untuk kedua belah pihak. Manfaat lain yang di harapkan yaitu adanya peningkatan kualitas tembakau, peningkatan efisiensi usahatani dan peningkatan keuntungan bagi petani tembakau. Ketika kemitraan yang dijalankan tersebut bisa memberikan manfaat bagi petani tembakau maka dapat dikatakan program kemitraan tersebut efektif bagi petani tembakau sehingga perlu dipertahankan keberlanjutanya. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan faktor internal dan eksternal dengan tingkat kepuasan petani pada program kemitraan dengan PT. Shadana Arif Nusa (2) Menganalisis hubungan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan petani pada program kemitraan dengan PT. Shadana Arif Nusa (3) Mendeskripsikan hubungan kualitas pelayanan yang paling dominan pada tingkat kepuasan pada program kemitraan yang terjalin antara petani tembakau dengan PT. Shadana Arif Nusadi Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan. (4) Menganalisis tingkat kepuasan petani tembakau terhadap program kemitraan yang di lakukan oleh PT. Shadana Arif Nusa Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan. Penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) di Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Pengambilan responden dilakukan dengan nonprobability sampling secara porpusive terhadap anggota kelompok tani yang aktif dalam melakukan kemitraan dengan PT. Shadana Arif Nusa. Peneliti melakukan wanwancara langsung kepada responden dengan menggunakan alat ii bantu kuisioner. Metode analisis yang digunakan antara lain analisis deskriptif, analisis korelasi Rank Spearman, Importance Performance Analysis (IPA) dan analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil yang didapatkan pada penelitian ini, faktor karakteristik petani dan kualitas pelayanan yang sangat mempengaruhi tingkat kepuasan dalam melakukan kemitraan dengan PT. Shadana Arif Nusa antara lain usia, pendidikan, sedangkan faktor kualitas pelayanan yang mempengaruhi terhadap tingkat kepuasan antara lain bukti fisik. kepastian, keandalan empati dan ketanggapan. Sedangkan, faktor yang tidak mempengaruhi karakteristik petani terhadap tingkat kepuasan pada program kemitraan dengan PT. Shadana Arif Nusa” antara lain luas lahan, pendidikan. Berdasarkan analisis rank spearman, faktor kualitas pelayanan yang memiliki hubungan signfikan terhadap tingkat kepuasan petani adalah keandalan, ketanggapan, jaminan,empati, bukti fisik memiliki hubungan kuat. Bedasarkan kualitas pelayanan yang memiliki hubungan yang paling dominan terhadap tingkat kepuasan yaitu pada faktor bukti fisik. Berdasarkan analisis tingkat kesesuaian kepentingan dan kinerja menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) pada semua atribut kualitas pelayanan diperoleh nilai rata-rata tingkat kesesuaian yaitu 93% sehingga dapat disimpulkan bahwa semua atribut termasuk dalam kategori sangat sesuai. Tingkat kepuasan terhadap program kemitraan yang menjadi prioritas utama adalah ketepatan waktu pemberian pupuk ZK, ketepatan waktu pemberin pupuk ZA, kualitas benih yang diberikan kepada petani tembakau, jumlah pupuk ZK yang diberikan kepada petani tembakau Bedasarkan analisis diagram kartesius kuadran I atribut yang penting namun hasil kinerjanya yang dirasakan oleh petani tembakau belum sesuai dengan harapan yaitu salah satunya pada atribut dampak kemitraan kepada kualitas diri petani temabaku, kuadran II atribut yang penting dan hasil kinerjanya dirasakan sangat baik yaitu salah satunya pada atribut kepastian pasar hasil panen tembakau, kuadran III atribut yang kurang penting bagi petani dan kinerjanya belum sesuai dengan harapan petani yaitu salah satunya pada atribut sikap penyuluh lapang, kuadran IV atribut yang kurang penting dan kinerjanya sesuai harapan petani yaitu salah satunya pada atribut jumlah pupuk ZA yang diberikan kepada petani temabakau. Bedasarkan analisis Costumer satisfaction index pada semua atribut kualitas pelayanan diperoleh hasil CSI sebesar 84,09% nilai tersebut menunjukan bahwa responden termasuk kedalam kategori sangat puas terhadap 28 atribut kualitas pelayanan. Saran yang dapat diberikan peneliti terhadap perusahaan PT. Shadana Arif NusaI yaitu, dapat meningkat kinerja pelayanan kepada petani mitra tembakau khususnya dalam memberikan bimbingan teknis kepada petani dan mengadakan sosialisasi tetang manfaat dari kemitraan agar petani tertarik dalam melakukan kemitraan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2018/50/051802136 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.7 Business enterprises > 338.73 Partnerships |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 23 May 2018 07:10 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10938 |
Preview |
Text
BAB V PEMBAHASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Download (191kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (490kB) | Preview |
Preview |
Text
1. Cover-Pernyataan-Persetujuan.pdf Download (210kB) | Preview |
Preview |
Text
2. Ringkasan-Kata Pengantar-Daftar Isi.pdf Download (254kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (213kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II TINJAUN PUSTAKA.pdf Download (524kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Download (149kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV METODE PENELITIAN.pdf Download (368kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |