Formulasi Besaran Penganggaran Belanja Obat Dan Bahan Medis Habis Pakai Berdasarkan Pola Morbiditas (Studi Kasus Pada Puskesmas Wungu Kabupaten Madiun)

Subekti, Firlana (2017) Formulasi Besaran Penganggaran Belanja Obat Dan Bahan Medis Habis Pakai Berdasarkan Pola Morbiditas (Studi Kasus Pada Puskesmas Wungu Kabupaten Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan formulasi penganggaran obat dan bahan medis habis pakai berdasarkan pola morbiditas, mengetahui besaran persentase perbandingan antara penghitungan penganggaran obat dan bahan medis habis pakai berdasarkan pola morbiditas dengan rencana kebutuhan obat riil yang diajukan Puskesmas ke Dinas Kesehatan, dan mengetahui apakah pola morbiditas dapat memberikan gambaran kebutuhan obat dan bahan medis habis pakai dalam satu tahun yang akan datang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan metode deskriptif dengan objek penelitian Puskesmas Wungu Kabupaten Madiun. Formulasi dilakukan dengan membagi obat dan bahan medis habis pakai berdasarkan jenis penyakit, menghitung perkiraan morbiditas dan perkiraan penggunaan obat dan bahan medis habis pakai pada tahun yang akan datang, menghitung sisa persediaan dan persediaan pengaman, serta menghitung nilai rencana pengadaan untuk tahun yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pengadaan dengan menggunakan pola morbiditas menghasilkan nilai pengadaan yang lebih besar dibandingkan rencana pengadaan dengan menggunakan metode konsumsi seperti yang diterapkan oleh Puskesmas Wungu. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penentuan kebijakan persediaan pengaman memberikan efek yang signifikan terhadap nilai pengadaan yang dianggarkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/106/051702927
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 27 Mar 2017 13:31
Last Modified: 29 Oct 2021 01:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109379
[thumbnail of Skripsi_145020304111007_Firla.pdf]
Preview
Text
Skripsi_145020304111007_Firla.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item