DeVega, GabrielaLovita (2017) Analisis Karakteristik Usaha dan Debitur UMKM untuk Menekan Risiko Kredit Macet (Studi Kasus pada Debitur UMKM Bank Jatim Cabang Blitar)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik bisnis dan debitur tentang pengembalian kredit oleh debitur UMKM. Pinjaman Non Performing adalah pinjaman yang pembayaran pokok pinjaman dan pembayaran bunga telah ditunda lebih dari setahun sejak tanggal jatuh tempo sesuai dengan jadwal yang disepakati. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus kualitatif. Peneliti menggunakan metode purposive sampling. Orang-orang yang menjadi informan adalah debitur UMKM dan staf kredit Bank Jatim Blitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor debitur hanya faktor status pelanggan dan pengalaman kredit yang memiliki pengaruh dalam proses kredit macet. Sementara penekanan terhadap faktor-faktor bisnis, tujuh faktor yang diteliti memiliki pengaruh terhadap upaya penindasan kredit macet. Rekomendasi dapat diberikan oleh penulis adalah untuk pengusaha untuk terus menarik inovasi dalam produk yang dijual kepada orang-orang yang tidak merasa bosan dengan produk dan dapat bersaing dengan pengusaha lain yang memiliki produk serupa, mempelajari tren ekonomi untuk analis kredit juga diperlukan secara berurutan Tidak salah dalam memberikan kredit, serta bagi pemerintah untuk memberikan pelatihan kepada UMKM sehingga mereka dapat meningkatkan produk mereka.
English Abstract
This study aims to determine the effect of business characteristics and the debtor on the return of credit by the debtor MSMEs. Non performing loans are loans that repayment of loan principal and interest payments have been delayed more than a year since the due date according to the agreed schedule. The approach used in this study is a qualitative case study method. Researcher using purposive sampling method. Peoples who to be an informant is a debtor MSMEs and credit staff of Bank Jatim Blitar. The results of this study show that Factor of debtor only factor of customer status and credit experience which has influence in the process of non performing loans. While the emphasis of the business factors, seven factors studied had an influence on non performing loans suppression efforts. Recommendations can be given by the author is for employers to continue to pull through innovations in products sold to people not feel bored with the products and can be compete with other entrepreneurs that has a similar product, studying economic trends for credit analysts also necessary in order not wrong in giving credit, as well as for the government to provide training to the MSMEs so that they can further improve their products.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2017/10/051701950 |
Subjects: | 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.7 Credit |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 03 Mar 2017 10:48 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 01:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109372 |
Preview |
Text
SKRIPSI_GABRIELLA.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |