Determinan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi S1 Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Nurcholifah, Siti (2016) Determinan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi S1 Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) pengaruh minat memilih konsentrasi terhadap prestasi belajar; 2) pengaruh motivasi memilih konsentrasi terhadap prestasi belajar; 3) pengaruh pendekatan belajar terhadap prestasi belajar. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa akuntansi angkatan 2012 sampai dengan 2014 yang berjumlah 776 mahasiswa dari 4 bidang konsentrasi. Jumlah sampel sebanyak 93 mahasiswa dilakukan dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Pengujian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat, motivasi, dan pendekatan belajar berpengaruh positif secara parsial terhadap prestasi belajar mahasiswa. Mahasiswa perlu adanya minat dan motivasi yang tinggi dalam memilih bidang konsentrasi agar menghasilkan prestasi belajar yang tinggi. Jika minat dan motivasi mahasiswa rendah dalam memilih bidang konsentrasi, maka hasil yang diperoleh pun rendah. Sementara pendekatan belajar yang baik oleh mahasiswa akan memberikan hasil yang baik. Sebaliknya dengan pendekatan belajar tidak baik maka hasil yang diperoleh pun akan tidak baik. Oleh karena itu, disarankan agar mahasiswa lebih meningkatkan minat, motivasi dan pendekatan belajarnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/845/051702184
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Mar 2017 11:08
Last Modified: 28 Oct 2021 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109323
[thumbnail of BISMILLAH_Skripsi_KU.pdf]
Preview
Text
BISMILLAH_Skripsi_KU.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item