Analisis Perbandingan Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah dan Bank Umum Konvensional dengan Pendekatan RGEC (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri Tahun 2013-2015).

Anugrasandi, MohammadJathy (2016) Analisis Perbandingan Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah dan Bank Umum Konvensional dengan Pendekatan RGEC (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri Tahun 2013-2015). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank umum merupakan sebuah lembaga intermediasi yang juga melaksanakan bank berdasarkan prinsip syariah sebagai variasi dan meningkatkan daya saing dalam industri perbankan. Penelitian ini membahas bagaimana perbandingan tingkat kesehatan Bank Syariah dan Bank Konvensional berdasarkan pendekatan RGEC. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pengukuran RGEC (Risk Profile, Earnings, Good Corporate Governance, Capital) dan Uji Beda Dua Rata-rata (Independent Sample T-test). Hasil penelitian yang berdasarkan analisa rasio kinerja bank, secara individual Bank Syariah dan Konvensional baik dalam mencakup standar rasio keuangan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Berdasarkan Uji Beda bahwa Bank Konvensional memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik dalam pemanfaatan modal dan asset sebagai sumber pendapatan. Namun sistem bagi hasil dari prinsip syariah lebih baik dalam menghasilkan keuntungan daripada sistem bunga yang diterapkan Bank Konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/841/051702140
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Mar 2017 10:36
Last Modified: 28 Oct 2021 06:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109319
[thumbnail of skripsi_M._Jathy_Anugrasandi.pdf]
Preview
Text
skripsi_M._Jathy_Anugrasandi.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item