Pengelolaan Dana Zakat Dan Peranannya Terhadap Proses Pendidikan Siswa (Studi Pada Beasiswa Yatim Unggul Laz El-Zawa Uin Malik Ibrahim)

Ramadhan, Erwin (2016) Pengelolaan Dana Zakat Dan Peranannya Terhadap Proses Pendidikan Siswa (Studi Pada Beasiswa Yatim Unggul Laz El-Zawa Uin Malik Ibrahim). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalam pembangunan karena melalui pendidikan sumber daya manusia yang berkualitas dapat diciptakan. Dengan terciptanya SDM yang berkualitas maka akan terbetuk negara yang sejahtera.. LAZ El-Zawa telah berkontribusi dalam pendidikan masyarakat sekitar dalam program Beasiswa Yatim Unggul. Dalam program ini, LAZ El-Zawa tidak hanya sekedar memberikan santunan, namun juga memberikan proses pendidikan berupa pendampingan kepada anak yatim agar dapat meningkatkan belajarnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah LAZ El-Zawa UIN Malik Ibrahim Malang memiliki 4 (empat) pengelolaan zakat yaitu sistem perencanan organisasi, penghimpunan dan penyaluran, pemberdayaan zakat dalam pendidikan yang dijalankan sudah cukup efektif, proses pendidikan yang dilaksanakan melalui program beasiswa yatim unggul sudah bejalan dengan cukup baik dan efektif dikarenakan dapat memberikan implikasi yang cukup baik terhadap semangat belajar siswa yatim binaanya, dan peranan pemberdayaan zakat pada bidang pendidikan melalui program beasiswa yatim unggul mempunyai implikasi positif terhadap pengembangan investasi sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/805/051700193
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 26 Jan 2017 11:00
Last Modified: 28 Oct 2021 02:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109279
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item