Analisis Hubungan Kausalitas Antara Indeks Harga Saham Dengan Indikator Makro Ekonomi: Studi Perbandingan Antara Indeks Harga Saham Konvensional Dan Syariah Di Indonesia Dan Malaysia

Fortuna, Belinda (2016) Analisis Hubungan Kausalitas Antara Indeks Harga Saham Dengan Indikator Makro Ekonomi: Studi Perbandingan Antara Indeks Harga Saham Konvensional Dan Syariah Di Indonesia Dan Malaysia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeteksi arah hubungan kausalitas antara variabel makro ekonomi dengan indeks harga saham dengan kasus indeks harga saham konvensional dan di indonesia dan di Malaysia. Variabel makro ekonomi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai inflasi, suku bunga, nilai kurs mata uang, indeks produksi industri, dan jumlah uang beredar. Indeks harga saham yang digunakan adalah indeks harga saham konvensional dan syariah utama di indonesia dan di Malaysia yaitu, Indeks harga saham gabungan (IHSG), Jakarta Islamic Index (JII), Kuala Lumpur Stock Exchange (KLSE) dan FTSE Bursa Malaysia Hijriah Shariah Index (FHSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inflasi dapat menyebabkan IHSG, JII dan KLSE. IHSG dan JII menyebabkan suku bunga, sementara KLSE dan FHSI tidak memiliki hubungan dengan suku bunga. Ditemukan hubungan kausalitas dua arah antara ER dengan indeks harga saham. IHSG dan JII menjelaskan IPI dan tidak sebaliknya. Sementara IPI dapat menjelaskan FHSI dan KLSE dan tidak sebaliknya. Ditemukan hubungan dua arah antara M2 dan IHSG dan JII. Jakarta Islamic Index merupakan indeks yang selalu mengalami perubahan arah hubungan kausalitas dengan variabel makro ekonomi karena adanya krisis.

English Abstract

The purpose of this research is to detect the causality between variables macro economy by stock price index with a case stock price index conventional and syariah in indonesia and in malaysia.Variable macro economic used in this research is the value of inflation, interest rates, value currency exchange rate, the production of index, and the amount of money distributed. Stock price index used is the main stock price index conventional and syariah indonesian and in malaysia (Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Jakarta Islamic Index (JII), Kuala Lumpur Stock Exchange (KLSE) and FTSE Malaysia Hijriah Shariah Index (FHSI). The research results show that inflation can cause IHSG, JII and KLSE. IHSG and JII cause interest rates, while KLSE and FHSI had no relationship with interest rates. Found relations causality two directions between exchange rate with stock price index. IHSG and JII explain IPI and not on the other hand. While IPI can explain FHSI and KLSE. Found two directions relations between M2 to IHSG and JII .Jakarta islamic index is the index who always changes of the relations causality variable macro economy is due to the crisis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/794/051612981
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Dec 2016 14:52
Last Modified: 28 Oct 2021 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109266
[thumbnail of BELINDA_FORTUNA_125020406111003.pdf]
Preview
Text
BELINDA_FORTUNA_125020406111003.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item