Faktor Internal Dan Eksternal Yang Mempengaruhi Keputusan Dalam Memilih Bank Umum (Studi Pada Mahasiswa S1 Ekonomi Islam Di Malang)

Rachmadini, Ghina (2016) Faktor Internal Dan Eksternal Yang Mempengaruhi Keputusan Dalam Memilih Bank Umum (Studi Pada Mahasiswa S1 Ekonomi Islam Di Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Berangkat dari faktor ini maka Indonesia menerapkan dual banking system, diakuinya sistem perbankan syariah dan perbankan konvensional secara berdampingan. Namun perkembangan bank syariah masih jauh lebih rendah dibanding bank konvensional. Sebagai mahasiswa Ekonomi Islam, mereka adalah pangsa pasar yang baik untuk perkembangan bank syariah. Tetapi kenyataannya masih banyak mahasiswa Ekonomi Islam belum menggunakan bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman yang dimiliki oleh mahasiswa S1 Ekonomi Islam di Malang dan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi mereka dalam memilih bank umum. Menurut Kotler faktor yang mempengaruhi keputusan dalam menggunakan suatu produk atau jasa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, yaitu minat, pemahaman terhadap bank syariah, religiusitas, faktor keluarga, karakteristik bank syariah, faktor sosial, faktor ekonomi yang digunakan sebagai variabel bebas dalam penelitian ini. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi logit binomial. Data yang digunakan adalah data primer dan diperoleh menggunakan kuisioner. Hasil penelitian ini adalah pemahaman terhadap bank syariah, religiusitas, karakteristik bank syariah, dan faktor ekonomi berpengaruh positif terhadap keputusan dalam memilih bank umum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/744/051612284
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Nov 2016 11:19
Last Modified: 28 Oct 2021 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109217
[thumbnail of SKRIPSI_GHINA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_GHINA.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item