Ketersediaan Bahan Baku Produksi (Tape Singkong) Dan Pengembangan Komoditas Unggulan (Studi Pada Industri Suwar Suwir Kabupaten Jember)

Ferilina, Rizki (2016) Ketersediaan Bahan Baku Produksi (Tape Singkong) Dan Pengembangan Komoditas Unggulan (Studi Pada Industri Suwar Suwir Kabupaten Jember). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan pemanfaatan sumberdaya alam yang ada menjadi salah satu kendala yang sering dihadapi oleh beberapa daerah yang ada di Indonesia, terutama jika dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi pada suatu wilayah. Sumberdaya alam yang ada dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku untuk membuat sebuah produk baru yang memiliki nilai tambah sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Untuk meningkatkan fungsi dan peran dari industri kecil maupun usaha mikro perlu adanya pembelajaran lebih lanjut terutama mengenai peran dari industri kecil atau usaha kecil dalam menunjang pengembangan komoditas ungggulan. Adapun pengembangan yang dapat dilakukan terhadap komoditas unggulan daerah diantaranya melalui analisis yang digunakan pada konsumen untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen dan seberapa besar permintaan produk yang mungkin bisa dicapai oleh suatu produk yang dihasilkan oleh industri kecil maupun UMKM. Salah satu industri kecil atau UMKM yang terdapat di Kabupaten Jember yang juga erfungsi sebagai media yang membantu pemerintah dalam mengenalkan produk khas dari Jember yaitu industri suwar suwir. Pengembangan produk suwar suwir sebagai komoditas unggulan ini sangat penting dilakukan karena selain memperkenalkan Kota Jember, dapat juga sebagai salah satu indikator yang diandalkan oleh pemerintah untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah Jember. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah mengukur bagaimana tingkat ketersediaan bahan baku utama pembuat suwar suwir sehingga industri suwar suwir dapat terus bertahan dan berkembang. Untuk mengetahui hal tersebut maka peneliti di sini mengamati bagaimana keterkaitan ketersediaan bahan baku produksi terhadap penunjang pengembangan komoditas unggulan (studi pada industri suwar suwir di Kabupaten Jember). Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif agar dapat menjawab rumusan masalah pada penelitian. Dari hasil penelitian ini, diperoleh hasil bahwa ketersediaan bahan baku produksi untuk industri suwar suwir ini masih tergolong cukup meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Selain itu, jumlah permintaan pada industri ini terus meningkat dari waktu ke waktu sehingga upaya pengembangan produk suwar suwir ini dapat dilakukan dengan terus meningkatkan jumlah bahan baku,kualitas produk maupun peningkatan sarana dan prasrana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/739/051612060
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Nov 2016 10:53
Last Modified: 28 Oct 2021 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109211
[thumbnail of SKRIPSI_FULL_TEXT_fix.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL_TEXT_fix.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item