Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Peternak Sapi Potong Hasil Inseminasi Buatan (Studi di Desa Dengkol Kecamatan Singosari Kabupaten Malang)

Zhafeera, Ammanda (2016) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Peternak Sapi Potong Hasil Inseminasi Buatan (Studi di Desa Dengkol Kecamatan Singosari Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai negara agraris, peternakan merupakan salah satu sumber perekonomian penduduk di Indonesia. Salah satunya adalah usaha ternak sapi potong. Hasil penelitian dari UGM dan APFINDO pada tahun 2014 menunjukkan bahwa produksi daging sapi nasional ternyata belum mampu untuk mengimbangi permintaan masyarakat akan daging sapi yang terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh kondisi peternakan sapi di Indonesia rata-rata masih berskala kecil serta pengolahannya secara tradisional seperti yang terjadi di Desa Dengkol Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Guna meningkatkan produktivitas sapi potong di Desa Dengkol dapat dengan menggalakkan progam Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik. Progam ini dinilai dapat meningkatkan populasi dan produktivitas ternak yang berpengaruh terhadap peningkatkan usaha dan pendapatan para peternak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pendapatan peternak sapi potong hasil IB; mengetahui pengaruh jumlah kepemilikan sapi, biaya pakan, biaya obat dan vaksin, biaya tenaga kerja, dan biaya IB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif yang menggunakan analisis regresi berganda. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner. Sampel responden sebanyak 35 peternak sapi potong yang menggunakan progam IB. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pendapatan peternak (Y), sedangkan variabel independennya adalah jumlah kepemilikan sapi (X1), biaya pakan (X2), biaya obat dan vaksin (X3), biaya tenaga kerja (X4), dan biaya IB (X5). Dari hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa secara simultan faktor jumlah kepemilikan sapi (X1), biaya pakan (X2), biaya obat dan vaksin (X3), biaya tenaga kerja (X4), dan biaya IB (X5) berpengaruh nyata terhadap pendapatan peternak sapi potong. Secara parsial faktor jumlah kepemilikan sapi (X1) dan biaya IB (X5) berpengaruh secara nyata, sedangkan faktor biaya pakan (X2), biaya obat dan vaksin (X3), dan biaya tenaga kerja (X4) tidak berpengaruh secara nyata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/715/051611750
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Nov 2016 15:36
Last Modified: 28 Oct 2021 01:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109185
[thumbnail of SKRIPSI_AMMANDA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_AMMANDA.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item