Analisis Keputusan Bekerja Wanita sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) ke Luar Negeri dan Kontribusinya terhadap Ekonomi Keluarga (Studi Pada Tenaga Kerja Wanita di PT Linera Sejahtera Malang, Jawa Timur

Novita (2016) Analisis Keputusan Bekerja Wanita sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) ke Luar Negeri dan Kontribusinya terhadap Ekonomi Keluarga (Studi Pada Tenaga Kerja Wanita di PT Linera Sejahtera Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wanita pada perkembangannya ingin mengaktualiasasikan dirinya dalam pembangunan, dengan menjalankan peran transisinya sebagai tenaga kerja yang ikut aktif dalam mencari nafkah.Namun adanya peran domestik bagi wanita yang telah berstatus menikah seperti mengurus anak dan rumah tangga menyebabkan keputusan wanita berstatus menikah untuk bekerja menjadi lebih kompleks.Menjadi TKW di luar negeri dianggap jawaban untuk mendapatkan status perekonomian keluarga yang lebih tinggi. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah keputusan wanita berstatus menikah untuk bekerja sebagai TKW. Variabel independen yang digunakan adalah tingkat usia, pendidikan, jumlah tanggungan keluarga, dan tingkat pendapatan suami. Dalam penentuan lokasi penelitian, penelitian ini menggunakan metode “quota sampling”, dan data yang terkumpul akan dianalisis dengan model “Binary Logistic Regression”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable usia, tingkat pendidikan, dan jumlah tanggungan keluarga berpengaruh positif sedangkan pendapatan suami berpengaruh negatif sertatingginya kontribusi pendapatan istri terhadap ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/707/051611742
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Nov 2016 11:12
Last Modified: 28 Oct 2021 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109176
[thumbnail of COVER_DLL.pdf]
Preview
Text
COVER_DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I-V.pdf]
Preview
Text
BAB_I-V.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item