Pendeteksian Manajemen Laba Riil Di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Melakukan Right Issue Antara Tahun 2011-2015 Dan Terdaftar Di Bei)

Christyansah, GalihIvan (2016) Pendeteksian Manajemen Laba Riil Di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Melakukan Right Issue Antara Tahun 2011-2015 Dan Terdaftar Di Bei). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi manajemen laba melalui manipulasi aktivitas riil pada perusahaan yang akan melakukan penawaran saham tambahan right issue. Manajemen laba diukur dengan menggunakan tiga proksi manipulasi aktivitas riil, yaitu dengan aktivitas arus kas kegiatan operasi, biaya produksi, dan melalui biaya diskresioner. Model manipulasi aktivitas riil yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pada model Roychowdhury (2006). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan. Populasi pada penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di BEI dengan menggunakan sampel yang dipilih melalui metode purposive sampling . Analisis regresi digunakan untuk menemukan estimasi nilai abnormal dari arus kas operasi, biaya produksi, dan biaya diskresioner. Hasil penelitian menunjukkan perusahaan tidak terindikasi melakukan manajemen laba aktivitas riil dengan cara menurunkan arus kas operasi, menaikkan biaya produksi, dan menurunkan biaya diskresioner. Perusahaan tidak terindikasi melakukan manajemen laba aktivitas riil dapat disebabkan manajemen perusahaan lebih memilih menggunakan manajemen laba aktivitas akrual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/698/051611733
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Nov 2016 09:32
Last Modified: 28 Oct 2021 01:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109165
[thumbnail of Pendeteksian_Manajemen_Laba_Riil.pdf]
Preview
Text
Pendeteksian_Manajemen_Laba_Riil.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item