Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Pembangunan Daerah Sebelum Dan Sesudah Program Bpd Regional Champion Dengan Metode Rgec

Kinanti, LuckyLaras (2016) Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Pembangunan Daerah Sebelum Dan Sesudah Program Bpd Regional Champion Dengan Metode Rgec. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kinerja keuangan Bank Pembangunan Daerah di Jawa Timur yang menelepon Bank Jatim sebelum dan sesudah juara regional BPD pada 2007-2014. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan RGEC dan kemudian ketentuan BRC. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Variabel dan pengukuran dalam penelitian ini terdiri dari profil risiko, GCG, pendapatan, dan faktor modal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah juara regional BPD. Faktor profil risiko diukur dengan NPL dan LDR. Dalam rasio NPL, hasilnya menunjukkan bahwa sebelum BRC lebih baik daripada setelah BRC karena ada peningkatan jumlah rasio NPL. Jika tidak pada LDR, dengan menggunakan metode LDR RGEC ada tingkat penurunan tetapi dengan menggunakan kriteria BRC Bank Jatim telah berhasil menerapkan kriteria BRC karena kriteria LDR di BRC adalah antara 78-100%. GCG Bank Jatim memiliki kategori baik atau sehat dari 2009-2014 karena nilai komposit adalah antara 1,5 - 2,5. Penilaian Faktor Esrning diukur dengan menggunakan rasio ROA dan NIM. Jumlah rasio ROA berada dalam tingkat yang sangat baik dan sukses untuk memenuhi kriteria BRC karena ROA jumlah rasio ROA selalu di atas 2,5%. Dalam rasio NIM, Bank Jatim memiliki tingkat yang sangat baik tetapi tidak dapat memenuhi kriteria BRC karena rasio NIM selalu di atas 5,5 sementara kriteria kriteria BRC maksimum 5,5%. Menggunakan Indikator Mobil, Bank Jatim memiliki modal yang sangat baik dan sukses untuk memenuhi kriteria BRC yang minimal 15%.

English Abstract

The purpose of this study is to compare financial performance of Regional Development Bank in East Java who called Bank Jatim before and after BPD Regional Champion in 2007-2014. This study is analyzed by using RGEC approach and then BRC provision. The type of of research being used is descriptive research type. Variables and measurement in this research consist of Risk Profile, GCG, Earnings, and Capital Factor. The results show that there aren’t any difference of financial performance before and after BPD Regional Champion. Risk profile factor measured by NPL and LDR. In NPL ratio, the results show that before BRC is better than after BRC because there are increasing number of NPL ratio. Otherwise on LDR, by using LDR RGEC method there is a decreasing level but by using BRC criteria Bank Jatim has succesfull to apply BRC criteria because LDR criteria in BRC is between 78-100%. GCG Bank Jatim has good or healty category from 2009-2014 because the composite value is between 1,5 – 2,5. Esrning factor assessment is measured by using ROA and NIM ratio. The number of ROA ratio is in very good level and success to fulfill BRC criteria because ROA the number of ROA ratio always above 2,5%. In NIM ratio, Bank Jatim has very good level but cannot fulfill BRC criteria because the NIM ratio is always above 5,5 while criteria the BRC criteria is maximum 5,5%. Using CAR indicator, Bank Jatim has very good capital and success to fulfill BRC criteria that minimum 15%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/697/051611732
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Nov 2016 09:29
Last Modified: 28 Oct 2021 01:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109164
[thumbnail of SKRIPSI_LUCKY_LARAS.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LUCKY_LARAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item