Analisis PAD, DAU, DAK, dan DBH Terhadap Belanja Langsung, serta Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi (Studi Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur 2010-2014) Pendekatan Path Analysis.

Rizky, IkaNoer (2016) Analisis PAD, DAU, DAK, dan DBH Terhadap Belanja Langsung, serta Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi (Studi Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur 2010-2014) Pendekatan Path Analysis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Dana Bagi Hasil (DBH) terhadap Belanja Langsung, serta dampaknya terhadap Pertumbuhan Ekonomi pada Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi yang terdiri dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Data yang digunakan adalah data PDRB atas dasar harga konstan untuk melihat pertumbuhan ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil (DBH), dan Belanja Langsung di Kabupaten/Kota Jawa Timur dari tahun 2010 sampai dengan 2014. Data tersebut bersumber pada Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, serta sumber-sumber data keuangan lain yang relevan. Pengujian dilakukan dengan analisis jalur (Path Analysis). Hasil analisis pada model pertama menunjukkan bahwa secara parsial Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH) berpengaruh signifikan terhadap Belanja Langsung. Sedangkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tidak berpengaruh signifikan terhadap Belanja Langsung. Selanjutnya hasil analisis pada model kedua menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Bagi Hasil (DBH) dan Belanja Langsung berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, sedangkan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/695/051611730
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Nov 2016 09:21
Last Modified: 28 Oct 2021 01:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109162
[thumbnail of skripsi_ika.pdf]
Preview
Text
skripsi_ika.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item