Dampak dari Eksploitasi Pasir Trass Terhadap Persepsi Masyarakat Mengenai Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan (Studi Kasus di Desa Ngrogung, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo).

Wiboo, DhanangPrakoso (2016) Dampak dari Eksploitasi Pasir Trass Terhadap Persepsi Masyarakat Mengenai Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan (Studi Kasus di Desa Ngrogung, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Eksploitasi merupakan salah satu tindakan atau kegiatan yang bertujuan untuk menggali atau memanfaatkan segala bentuk sumber daya alam yang ada, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Eksploitasi sendiri bukan merupakan tindakan yang buruk dalam pemanfaatan sumber daya alam, tetapi pemanfaatan sumber daya alam yang melebihi bataslah yang menjadikan eksploitasi ini sebagai tindakan yang buruk, terlebih untuk keberlangsungan lingkungan disekitar area tempat eksploitasi sumber daya alam. Kegiatan eksploitasi sendiri sangat erat hubungannya dengan dunia pertambangan, kegiatan eksploitasi tanpa didasari dengan rasa ikut memiliki lingkungan dan juga tindakan pelestarian lingkungan, hal itu justru akan membawa dampak buruk terhadap lingkungan sekitar, tidak hanya lingkungan saja yang nantinya akan dirugikan dari kegiatan eksploitasi yang sewenang-wenang, dari aspek ekonomi dan sosial nantinya juga akan dirugikan. Dalam hal ini salah satu jenis eksploitasi dalam pertambangan skala kecil yaitu pertambangan pasir trass di Desa Ngrogung, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dari masyarakat, pelaku usaha tambang, dan juga pemerintah terkait adanya kegiatan pertambangan ilegal di kawasan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data, melalui wawancara, observeasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian dari masyarakat sekitar, sekaligus pelaku usaha pertambangan ilegal, lebih memilih untuk tetap melakukan usaha pertambangan tersebut, meskipun mereka tahu akan konsekuensinya, dasar pemikiran mereka adalah kegiatan pertambangan untuk menambah pendapatan sehari-hari, hal ini dikarenakan tidak ada pekerjaan lain selain kegiatan pertambangan tersebut, pernyataan mereka juga didukung dengan jenis tanah yang ada di kawasan tersebut, yang kurang sesuai untuk lahan pertanian. Selain itu diperoleh bukti bahwa dampak dari kegiatan pertambangan pasir tersebut terhadap lingkungan adalah semakin rusaknya lingkungan sekitar area pertambangan. Yang dituntut dalam permasalahan ini adalah, rasa tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, terlebih apabila usaha tersebut bergerak di bidang pertambangan, maka dituntut untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan yang lebih, mengingat dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan dari kegiatan tambang ini sangat besar, tidak hanya rasa tanggung jawab dari pelaku usaha tambang saja, melainkan dari pihak masyarakat sekitar dan juga pemerintah selaku pembuat kebijakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/641/051610548
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Oct 2016 08:49
Last Modified: 27 Oct 2021 06:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109102
[thumbnail of Dampak_Eksploitasi_dari_Pasir_Trass_PDF.pdf]
Preview
Text
Dampak_Eksploitasi_dari_Pasir_Trass_PDF.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item