Analisis Konten Penerapan Good Corporate Governance Pada Perusahaan Tambang Batubara (Studi Kasus Pada Laporan Tahunan PT Atlas Resources Tbk dan PT Golden Energy Mines Tbk pada tahun 2014 dan 2015)

Sinaga, DevyDameMaria (2016) Analisis Konten Penerapan Good Corporate Governance Pada Perusahaan Tambang Batubara (Studi Kasus Pada Laporan Tahunan PT Atlas Resources Tbk dan PT Golden Energy Mines Tbk pada tahun 2014 dan 2015). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Good Corporate Governance (GCG) sebagai salah satu kunci sukses perusahaan dalam persaingan global saat ini. Banyaknya kasus kecurangan yang terjadi akibat kurangnya transparansi dan pengawasan menyebabkan kepercayaan masyarakat akan penyajian laporan keuangan perusahaan berkurang. Implementasi GCG yang efektif diharapkan mampu memenuhi kebutuhan investor (shareholders) dan pemangku kepentingan (stakeholders) serta meningkatkan kepercayaan mereka kembali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode analisis konten digunakan untuk menganalisis data sekunder dari dua jenis perusahaan tambang batubara yaitu PT Atlas Resources Tbk dan PT Golden Energy Mines Tbk pada tahun 2014 dan 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana penerapan prinsip-prinsip GCG menurut KNKG 2006 dipraktekkan dalam kedua perusahaan tambang batubara tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Atlas Resources Tbk dan PT Golden Energy Mines Tbk telah menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas, independensi, responsibilitas, serta kesetaraan dan kewajaran serta mengungkapkannya dengan cukup baik. Namun terdapat perbedaan penerapan GCG pada kedua perusahaan tambang. Tiap tahunnya, masing-masing perusahaan melakukan evaluasi terkait penerapan prinsip-prinsip GCG mengikuti regulasi-regulasi yang terus disempurnakan. PT Golden Energy Mines Tbk tampak memiliki komitmen yang lebih kuat dan konsistensi yang lebih nyata dalam penerapan praktik GCG.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/570/051609766
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Oct 2016 15:26
Last Modified: 27 Oct 2021 04:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109023
[thumbnail of SKRIPSI_FULL_FIX.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL_FIX.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item