Peranan Pendidikan Lingkungan Terhadap Perilaku Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Ardy, InnekeMaulina (2016) Peranan Pendidikan Lingkungan Terhadap Perilaku Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lingkungan bagi manusia merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam kehidupan. Sikap dan keinginan yang serba ingin mudah secara perlahan dan pasti terus mempengaruhi kehidupan manusia yang pada akhirnya terwujud dalam perilaku sehari-hari, termasuk sikap dan perilaku terhadap lingkungan. Masih bayak dari masyarakat Kota Malang yang tidak peduli lingkungan dengan membuang sampah tidak pada tempatnya. Peranan pendidikan Ekonomi Islam dilihat sangat berpengaruh terhadap perilaku pengelolaan sampah. Mahasiswa prodi Ekonomi Islam sudah mendapatkan pembelajaran lebih dan diharapkan dapat bertindak lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa ekonomi lainnya yang tidak mendapatkan pembelajaran lebih tentang agama Islam dan hal-hal yang terkait dengan pengelolaan sampah. Penilaian tentang pendidikan taksonomi bloom terdapat tiga variabel yaitu pengetahuan, sikap dan kreativitas yang digunakan sebagai variabel bebas dalam penelitian ini. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t untuk menjawab hipotesis hubungan variabel bebas dengan variabel terikat pada penelitian. Data yang digunakan adalah data primer dan diperoleh menggunakkan kuesioner. Hasil penelitian didapat bahwa pengetahuan, sikap dan kreativitas berpengaruh secara simultan terhadap perilaku pengelolaan sampah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/547/051609886
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Oct 2016 09:55
Last Modified: 29 Oct 2021 01:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108997
[thumbnail of LEMBAR_PERNYATAAN,_PERSETUJUAN,_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERNYATAAN,_PERSETUJUAN,_PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_INNEKE_MAULINA_ARDY_2012_EKIS.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_INNEKE_MAULINA_ARDY_2012_EKIS.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_ILMIAH_INNEKE_MAULINA_ARDY_2012_EKIS.pdf]
Preview
Text
JURNAL_ILMIAH_INNEKE_MAULINA_ARDY_2012_EKIS.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN_JURNAL.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN_JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item