Analisis Pengaruh Harga Kopi Dunia, Produktifitas Perkebunan, Kurs Nilai Tukar, Dan Harga Kopi Domestik Terhadap Volume Ekspor Kopi Amstirdam Kabupaten Malang

Umam, Fakhrul (2016) Analisis Pengaruh Harga Kopi Dunia, Produktifitas Perkebunan, Kurs Nilai Tukar, Dan Harga Kopi Domestik Terhadap Volume Ekspor Kopi Amstirdam Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari harga kopi internasional, produktifitas perkebunan kopi, kurs nilai tukar, dan harga kopi domestik terhadap volume ekspor kopi Amstirdam di Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode regresi linear berganda. Jenis data yang digunakan data sekunder runtut waktu atau time series bulanan mulai bulan Januari 2011 sampai Desember 2015. Data yang diperoleh berasal dari publikasi Dinas, dan lembaga-lembaga nasional dan internasional yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan Hasil penghitungan dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa variabel produktifitas perkebunan kopi dan harga kopi domestik berpengaruh signifikan. Sedangkan variabel harga kopi internasional dan kurs nilai tukar tidak berpengaruh terhadap volume ekspor kopi Amstirdam Kabupaten Malang. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan pertimbangan kebijakan pihak-pihak yang berkaitan dengan penelitian ini untuk lebih memperbaiki ekspor kopi Amstirdam di perdagangan kopi internasional. Selanjutnya penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumbangsih pemikiran bagi pelaku usaha kopi Amstirdam dalam upaya mengembangkan kualitas dan kuantitas kopi Amstirdam agar berdaya saing ekspor, dan mampu mempromosikan kopi Amstirdam agar menambah jangkauan ekspor. Dan diharapkan dapat menjadi dasar kajian dalam hal pengambilan kebijakan oleh Pemerintah Kabupaten Malang untuk lebih mengintensifkan kebijakannya dalam mengembangkan kopi Amstirdam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/546/051609885
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Oct 2016 09:48
Last Modified: 29 Oct 2021 01:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108996
[thumbnail of Fakhrul_Umam_125020100111077.pdf]
Preview
Text
Fakhrul_Umam_125020100111077.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item