Analisis Pengaruh Modal Tetap, Tenaga Kerja, Modal Kerja, Lama Usaha, Dan Status Kepemilikan Aset Bangunan Terhadap Tingkat Produksi Pada Usaha Restoran Dan Cafe Di Kota Malang

Putra, AdiarPegananta (2016) Analisis Pengaruh Modal Tetap, Tenaga Kerja, Modal Kerja, Lama Usaha, Dan Status Kepemilikan Aset Bangunan Terhadap Tingkat Produksi Pada Usaha Restoran Dan Cafe Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha restoran dan cafe di Kota Malang memiliki potensi yang sangat besar bila dilihat dari pertumbuhan jumlah unit usaha ini dan jumlah penduduk dari tahun ke tahun. Sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk strategi alternatif untuk mendukung pengembangan perekonomian dalam pembangunan jangka panjang di Kota Malang. Dengan mengidentifikasi faktor-faktor produksi yang ada, yaitu modal tetap, tenaga kerja, modal kerja, lama usaha, dan status kepemilikan bangunan dapat diketahui pengaruhnya pada tingkat produksi usaha restoran dan cafe di Kota Malang. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisa regresi bergandan dan menggunakan data primer dan sekunder yang didapat dari hasil survei. Variabel independen yang digunakan adalah jumlah modal tetap, tenaga kerja, modal kerja, lama usaha, dan status kepemilikan aset bangunan. Sedangkan variabel dependennya adalah tingkat produksi. Hasil analisis yang diperoleh dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa modal tetap, modal kerja, dan lama usaha mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat produksi pada Usaha Restoran di Kota Malang. Sedangkan modal tetap, modal kerja, dan status kepemilikan bangunan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat produksi pada Usaha Cafe di Kota Malang. Dan dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa variabel modal kerja mempunyai pengaruh yang dominan terhadap tingkat produksi pada Usaha Restoran di Kota Malang. Sedangkan variabel modal tetap mempunyai pengaruh yang dominan terhadap tingkat produksi pada Usaha Cafe di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/540/051609879
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Oct 2016 15:06
Last Modified: 11 Oct 2016 15:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108990
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item