Pengaruh Brand Image Dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Truck Hino (Studi Pada Pt. Hudaya Maju Mandiri, Jakarta)

Fikri, MuhammadTsaqib (2016) Pengaruh Brand Image Dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Truck Hino (Studi Pada Pt. Hudaya Maju Mandiri, Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan yang sangat tinggi dalam industry otomotif khusus nya mobil niaga ( truck ) membuat para pelaku usaha harus melimiki strategi pemasaran yang tepat. Salah satunya adalah membentuk brand image serta reference group. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial brand image dan reference group terhadap keputusan pembelian dan mengetahui mana dari kedua variabel tersebut yang memiliki pengaruh lebih dominan. Penelitian dilakukan terhadap pelanggan P.T. Hudaya Maju Mandiri yang telah melakukan pembelian truck hino. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian explanatory research, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis, dimana pengambilan data dilakukan secara langsung kelapangan dengan menggunakan kuesioner (survey). Penelitian ini menggunakan 100 sampel. Pengambilan sampel menggunakan berpedoman Roscoe dengan mengalikan dimensi penelitian yang berjumlah 10 dikali dengan 10 sehingga didapatkan 100 sampel. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji dominan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Brand image (X1) terhadap Keputusan pembelian (Y) mobil Hino. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel reference group (X2) terhadap Keputusan pembelian (Y) mobil Hino. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan bahwa variable brand image dan reference group cukup tepat karena mampu menjelaskan variabel Y dibandingkan dengan pengaruh variabel diluar model atau error terhadap Y. Dan pengaruh tersebut sebesar (48,3%). 4) Variabel reference group mempunyai pengaruh yang lebih dominan terhadap variabel keputusan pembelian dibandingkan dengan brand image.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/489/051609828
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Oct 2016 14:07
Last Modified: 07 Oct 2016 14:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108932
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item