Analisis Preferensi Nasabah Terhadap Pembiayaan Gadai Emas Syariah (Studi pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Gresik dan PT. Pegadaian (Persero) Cabang Pegadaian Syariah Kebomas Gresik)”

Fajri, WidyanApriliska (2016) Analisis Preferensi Nasabah Terhadap Pembiayaan Gadai Emas Syariah (Studi pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Gresik dan PT. Pegadaian (Persero) Cabang Pegadaian Syariah Kebomas Gresik)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan masyarakat akan uang atau dana yang semakin meningkat menjadi awal mula berkembangnya industri gadai. Perusahaan gadai di Indonesia di pelopori oleh PT. Pegadaian (Persero) dimana setiap tahunnya menunjukkan perkembangan yang positif. Melihat peluang gadai yang semakin meningkat, akhirnya pihak perbankan syariah salah satunya adalah Bank Syariah Mandiri mulai melirik bisnis gadai syariah yaitu melalui produk pembiayaan gadai emas syariah. Kemudian barulah PT. Pegadaian (Persero) membuka kantor cabang Pegadaian Syariah. Kini semakin banyak lembaga keuangan syariah yang memiliki produk gadai syariah, sehingga menyebabkan masyarakat harus melakukan pilihan. Hal ini disebut dengan perilaku konsumen yang mana akan membentuk preferensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi preferensi nasabah terhadap pembiayaan gadai emas syariah. Hasil studi ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi preferensi nasabah gadai emas syariah adalah faktor tempat dan kepercayaan. Mayoritas nasabah memilih lembaga keuangan yang lokasi kantornya strategis, yaitu berada di pusat kota sehingga mudah dijangkau. Reputasi perusahaan yang baik akan membentuk kepercayaan nasabah terhadap lembaga keuangan syariah terkait. Hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan nasabah dalam memilih lembaga keuangan syariah sebagai alternatif sumber pembiayaannya. Sedangkan faktor lain dalam penelitian ini yaitu promosi, fasilitas dan pelayanan, serta syariah tidak memengaruhi preferensi nasabah terhadap pembiayaan gadai emas syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/432/051607701
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Aug 2016 13:03
Last Modified: 18 Aug 2016 13:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108869
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item