Analisis Pengaruh Tingkat Kemandirian Fiskal dan Belanja Modal Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten / Kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2009 – 2013.

Taufick, AdityaIman (2016) Analisis Pengaruh Tingkat Kemandirian Fiskal dan Belanja Modal Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten / Kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2009 – 2013. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan nasional dapat terwujud apabila pembangunan daerah berrjalan dengan baik. Dan pembangunan daerah akan terwujud apabila daerah meningkatkan kualitas masyarakat (pembangunan manusia). Pembangunan manusia dapat diukur melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dimana indikatornya yaitu mengenai pendidikan, kesehatan, dan standar hidup layak. IPM kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya dan berada pada posisi IPM yang menengah. Tingkat kemandirian fiskal daerah juga akan mempengaruhi kesejahteraan suatu daerah tergantung dari bagaimana pemerintah daerah memprioritaskan pengalokasikan pendapatannya. Dengan beberapa variabel yang telah ditentukan, penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui bagaimana pengaruh kemandirian fiskal terhadap IPM kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur, (2) mengetahui bagaimana pengaruh belanja modal daerah terhadap IPM kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur, (3) mengetahui bagaimana perkembangan kemandirian fiskal 38 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur. Tempat dan waktu penelitian ini adalah pada seluruh kabupaten dan kota di Jawa Timur selama tahun 2009 – 2013. Metode analisis yang akan digunakan adalah regresi data panel. Hasil penelitian menggunakan fixed effect model menunjukkan bahwa kemandirian fiskal dan belanja modal daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/426/051607695
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Aug 2016 12:51
Last Modified: 18 Aug 2016 12:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108862
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item