Analisis Variabel yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Makanan (Studi Pada Industri Kecil Kerupuk Ikan Desa Kedungrejo, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur)

Margareth, Melinda (2016) Analisis Variabel yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Makanan (Studi Pada Industri Kecil Kerupuk Ikan Desa Kedungrejo, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jumlah angkatan kerja yang semakin banyak dengan tidak diimbangi adanya penambahan lapangan pekerjaan menimbulkan tingkat pengangguran, yang mana pengangguran ini disebabkan oleh jumlah penawaran kerja yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah pemintaan kerja. Permasalahan ini dapat ditanggulangi dengan salah satu sektot yaitu pada industri kecil, industri kecil mempunyai peranan penting dalam perekonomian. Salah satu peranan industri kecil ini adalah memperluas kesempatan kerja. Perluasan dari kesempatan kerja ini merupakan salah satu hal yang dapat mengatasi permasalahan pengangguran. Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di provinsi Jawa Timur dengan memiliki industri kecil yang cukup banyak, salah satu industri yang ada di dalam kabupaten Sidoarjo adalah industri kecil kerupuk ikan Desa Kedungrejo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel yang memperngaruhi penyerapan tenagakerja pada industri kecil Desa Kedungrejo, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat melalui wawancara menggunakan kuisioner secara langsung kepada responden dengan pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Terdapat 40 responden dalam industri kecil yang terdapat di desa Kedungrejo, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur sebagai objek penelitian. Untuk mendapatkan hasil penelitian, maka penelitian ini menggunakan alat analisis regresi berganda dengan menggunakan pendekatan Ordinary Last Square (OLS). Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 17 yang memberikan hasil bahwa variabel upah (X1), kuantitas produksi (X2), dan modal (X3) memberikan pengaruh secara parsial dan juga bersama-sama terhadap variabel penyerapan tenaga kerja (Y). Hal tersebut dapat dilihat melalui hasil uji t untuk pengaruh parsial kemudian uji f untuk pengaruh secara bersama-sama. Pengaruh yang ditimbulkan dari variabel X1, X2, X3 terhadap variabel Y adalah sebesar 97,2 % untuk sisanya sebesar 2,8 % dipengaruhi oleh diluar 3 variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/420/051607689
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Aug 2016 10:56
Last Modified: 18 Aug 2016 10:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108856
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item