Pengaruh Alokasi Waktu Dan Pendapatan Terhadap Prestasi Akademik (Studi Pada Mahasiswi Yang Nyantri Di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al-Ishlahiyah Gading Kasri Klojen Kota Malang)

Novianti, Aris (2016) Pengaruh Alokasi Waktu Dan Pendapatan Terhadap Prestasi Akademik (Studi Pada Mahasiswi Yang Nyantri Di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al-Ishlahiyah Gading Kasri Klojen Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang menjadi salah satu kota favorit tujuan pendidikan terkemuka di Indonesia. Dengan jumlah mahasiswa yang kian bertambah tiap tahunnya hal tersebut menjadi dilema tersendiri bagi mahasiswa dalam mencari tempat tinggal mulai dari indekos, asrama, kontrakan bahkan pesantren. Saat ini pondok pesantren mahasiswa menjadi salah satu preferensi mahasiswa dalam memilih tempat tinggal. Selain karena mendapatkan ilmu agama yang lebih mendalam, biaya hidup di pesantren juga lebih murah sehingga mereka dapat mengalokasikan pendapatan yang diperoleh dari kiriman orang tua tiap bulannya untuk menunjang sarana dan prasarana belajar. Dengan terpenuhinya sarana dan prasarana belajar menjadikan kegiatan belajar menjadi lancar yang pada akhirnya berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa yang dilihat melalui hasil belajar berupa IPK. Namun, mahasiswa juga harus merelakan terjadinya opportunity cost bila mereka tinggal di pesantren karena mereka kehilangan waktu luang yang lebih lama karena waktu luang yang mereka miliki digunakan untuk kegiatan pesantren. Apabila mahasiswa tersebut dapat memaksimalkan waktu luang dan menambah jam belajar, maka mereka bisa lebih paham terhadap kuliah mereka, lebih fokus dalam mengerjakan tugas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yakni berupa IPK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh alokasi waktu dan pendapatan mahasiswa terhadap prestasi akademik yang dalam hal ini tercermin melalui IPK. Data yang digunakan adalah data primer dengan jumlah responden 31 orang yang diolah dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alokasi waktu dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai IPK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/397/ 051607220
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 12 Aug 2016 10:33
Last Modified: 12 Aug 2016 10:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108829
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item