Pengaruh Corporate Governance, Karakter Perusahaan, Dan Koneksi Politik Terhadap Upaya Penghindaran Pajak Studi Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Listing Di Bei Tahun 2012-2014

Alfia, RatikaHanna (2016) Pengaruh Corporate Governance, Karakter Perusahaan, Dan Koneksi Politik Terhadap Upaya Penghindaran Pajak Studi Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Listing Di Bei Tahun 2012-2014. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh corporate governance, karakter perusahaan, dan koneksi politik terhadap penghindaran pajak. Struktur corporate governance di representasikan oleh jumlah komite audit dan kualitas audit, sedangkan karakter perusahaan oleh return on assets dan leverage. Penghindaran pajak dalam penelitian ini diukur menggunakan Cash ETR yang merupakan rasio pembayaran pajak secara kas atas laba perusahaan sebelum pajak penghasilan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2012-2014. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dengan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa return on assets berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap adanya penghindaran pajak perusahaan sedangkan leverage berpengaruh negatif dan signifikan. Namun jumlah komite audit, kualitas audit, dan koneksi politik tidak terbukti berpengaruh terhadap penghindaran pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/351/051606433
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Jul 2016 14:20
Last Modified: 29 Jul 2016 14:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108779
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item