Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Retensi Pelanggan (Studi Kasus Pada Radio Suara Muslim Surabaya 93,8 Fm.)

Hidayatullah, WildanArif (2016) Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Retensi Pelanggan (Studi Kasus Pada Radio Suara Muslim Surabaya 93,8 Fm.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Urgensi etika dalam dunia bisnis menjadi hal yang melatar belakangi penelitian ini, dimana kedudukan etika dipandang memiliki posisi strategis dalam kemajuan dan juga kemunduran suatu bisnis yang berdampak bagi peusahaan dan juga mitra bisnisnya, bahkan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Seiring perkembangan zaman di era globalisasi yang kian menggerus aspek moral oleh mudahnya penyebaran pemahaman serta budaya-budaya yang menyesatkan dan merusak moral etika di kehidupan bersosial maupun bisnis. Maka persaingan bisnispun kian menjadi ditambah permasalahan krisis etika didalam dunia bisnis mengharuskan perusahaan untuk mampu menciptakan strategi bisnis yang jitu demi menghadapi persaingan dan permasalahan tersebut, adapun salah satu strategi bisnis yang tepat dalam menanggulangi persaingan bisnis ini adalah dengan membangun loyalitas atau customer retention. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh dari penerapan etika bisnis Islam terhadap retensi pelanggan pada radio Suara Muslim Surabaya 93,8 FM. menggunakan variabel dari etika bisnis Islam yaitu keadilan, kebenaran, kehendak bebas, tanggung jawab serta variabel dari customer retention yaitu belonging, communication, customization, differentiation, rewarding, security and convenience. Sampel dari penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu internal perusahaan yang berjumlah 30, dan mitra bisnis dari radio Suara Muslim Surabaya 93,8 FM. Yang berjumlah 51. Menggunakan tekhnik analisis CFA dan SEM. Hasil pengujian hipotesis internal perusahaan menunjukan bahwa kehendak bebas tidak berpengaruh terhadap customer retention; sedangkan keadilan, kebenaran dan tanggung jawab berpengaruh positif terhadap customer retention. Dan hasil uji hipotesis mitra bisnis menunjukkan bahwa kehendak bebas dan kebenaran tidak berpengaruh terhadap customer retention, sedangkan keadilan, dan tanggung jawab berpengaruh positif terhadap customer retention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/347/051606429
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Jul 2016 14:04
Last Modified: 24 Jul 2020 01:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108774
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item