Analisis Peranan Infrastruktur Moda Transportasi Kereta Api Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Suatu Wilayah (Studi Pada Wilayah Jawa Timur: Daop VII Madiun, Daop VIII Surabaya dan Daop IX Jember).

Pujianto, Julian (2016) Analisis Peranan Infrastruktur Moda Transportasi Kereta Api Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Suatu Wilayah (Studi Pada Wilayah Jawa Timur: Daop VII Madiun, Daop VIII Surabaya dan Daop IX Jember). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Infrastruktur transportasi memiliki peranana penting terhadap pembangunan ekonomi. Infrastruktur kereta api diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan suatu wilayah. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peranan infrastruktur kereta api dalam mendukung perekonomian suatu wilayah dengan menggunakan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebagai tolok ukur. Dengan dukungan infrastruktur yang memadai maka akan menurunkan biaya transportasi dan mampu memperluas pangsa pasar bagi sebuah perusahaan. Dengan demikian pembangunan infrastruktur akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perekonomian suatu wilayah. Wilayah dalam penelitian ini adalah Jawa Timur; Daop VII Madiun, Daop VIII Surabaya dan Daop IX Jember. Permodelan dalam melihat dampak dari pembangunan infrastruktur kereta api terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah Jawa Timur menggunakan data prasarana dan sarana serta volume lalu lintas kereta api yang didefinisikan ke dalam 3 variabel yaitu jumlah angkutan penumpang, jumlah jalur lintas dan jumlah stasiun kereta api. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif agar dapat menjawab rumusan masalah pada penelitian. Dari hasil penelitian ini, diperoleh hasil bahwa jumlah angkutan penumpang kereta api, jumlah jalur lintas kereta api dan jumlah stasiun kereta api berpengaruf positif dan signifikan terhadap PDRB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/340/051606422
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Jul 2016 10:49
Last Modified: 29 Jul 2016 10:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108767
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item