Analisis Pengaruh Rata-Rata Lama Sekolah, Upah Minimum, dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka Kabupaten/Kota Jawa Timur”.

Ramiayu, DeasyDwi (2016) Analisis Pengaruh Rata-Rata Lama Sekolah, Upah Minimum, dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka Kabupaten/Kota Jawa Timur”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan utama yang sering terjadi di negara berkembang adalah tingginya angka pengangguran. Namun permasalahan pengangguran saat ini belum ditanggapi dengan serius oleh pemerintah. Padahal pengangguran merupakan salah satu indikator untuk melihat keberhasilan pembangunan ekonomi suatu daerah. Jika kesempatan kerja masih rendah dan jumlah pengangguran tinggi, maka tujuan utama pembangunan ekonomi yaitu meningkatkan taraf hidup masyarakat belum tercapai. Di Jawa Timur, tingkat pengangguran terbuka mengalami peningkatan pada tahun 2013. Untuk mengatasi permasalahan pengangguran tersebut, maka perlu diteliti faktor-faktor apa yang mempengaruhi angka pengangguran. Penelitian ini menggunakan rata-rata lama sekolah sebagai indikator bidang pendidikan, upah minimum kabupaten/kota sebagai indikator bidang ketenagakerjaan, dan pertumbuhan ekonomi sebagai indikator bidang ekonomi. Alat analisis yang digunakan adalah regresi data panel dengan Fixed Effect Model, uji t parsial, uji F simultan, uji koefisien determinasi (R2), dan uji asumsi klasik yaitu autokorelasi, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel rata-rata lama sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka, yang berarti pendidikan masyarakat tidak menjamin dalam mengurangi pengangguran. Adapun variabel upah minimum tidak signifikan yang berarti upah minimum kabupaten/kota tidak berpengaruh secara nyata terhadap tingkat pengangguran terbuka. Variabel lainnya yaitu pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/339/051606421
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Jul 2016 10:27
Last Modified: 29 Oct 2021 01:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108764
[thumbnail of ANALISIS_PENGARUH_RATA.pdf]
Preview
Text
ANALISIS_PENGARUH_RATA.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item