Analisis Wisata Pantai Nganteb Sebagai Penopang Perekonomian Masyarakat Pesisir Pantai(Studi Kasus Pengunjung Wisata Pantai Nganteb, Dusun Sukorejo, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Mala

Sesyazhade, Naufal (2016) Analisis Wisata Pantai Nganteb Sebagai Penopang Perekonomian Masyarakat Pesisir Pantai(Studi Kasus Pengunjung Wisata Pantai Nganteb, Dusun Sukorejo, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Mala. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata sudah menjadi bagian dari faktor pemikat para pelancong lokal maupun mancanegara untuk singgah ke suatu tempat di suatu daerah. Ciri khas, keindahan alam dan tentunya kenyamanan tempat wisata menjadi tolak ukur para pelancong untuk berkunjung ke wisata tersebut. Potensi wisata kawasan pesisir di Indonesia menjadi suatu keunggulan tersendiri khususnya di Pulau Jawa. Kawasan pesisir merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat, bahkan sebagian besar telah dimanfaatkan bagi pembangunan sosial dan ekonomi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menganalisis penawaran dan permintaan wisata Pantai Nganteb serta nilai ekonominya. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda untuk menganalisis sisi permintaan, metode biaya perjalanan untuk mengetahi nilai ekonominya dan regresi logistik biner untuk menganalisis sisi penawaran. Responden pada penelitian ini berjumlah 50 orang. Hasil penelitian dalam analisis regresi linier berganda ditemukan bahwa terdapat tiga variabel yang berpengaruh terhadap tingkat kunjungan individu ke wisata Pantai Nganteb yaitu; pendapatan, pengalaman berkunjung dengan item objek wisata, dan Infrastruktur dengan item informasi jalan. Sedangkan melalui analisis regresi logistik biner hanya variabel pengalaman berkunjunglah yang berpengaruh dari sisi penawaran atau minat individu untuk berkunjung ke wisata Pantai Nganteb. Dengan jumlah kunjungan sebesar 21100 orang pada tahun 2015 maka nilai ekonomi wisata Pantai Nganteb adalah sebesar Rp. 63.325.598.309 per tahun. Jika dibandingkan dengan pendapatan riil dari penjualan tiket yaitu Rp. 105.500.000 maka nilai pendapatan ini hanya 0.0016% dari nilai total ekonominya. Dari hasil wawancara terhadap masyarakat disekitar lokasi wisata Pantai Nganteb diatas dapat disimpulkan bahwasanya dengan adanya wisata masyarakat Dusun Sukorejo dan sekitarnya mendapatkan manfaat yang sangat banyak dari sisi pekerjaan baru yang bisa didapat masyarakat dan penghasilan yang tinggi seiring dengan semakin ramainya orang yang berkunjung ke Pantai Nganteb.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/334/051606416
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Jul 2016 09:59
Last Modified: 29 Oct 2021 01:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108759
[thumbnail of Skripsi_Naufal_Sesyazhade_IE_115020507111017.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Naufal_Sesyazhade_IE_115020507111017.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item