Pengaruh Jenis Lampu Dan Warna Pakan Terhadap Konsumsi Pakan, Hen Day Production (Hdp) Dan Konversi Pakan Burung Puyuh ( Coturnix Coturnix Japonica )

Arsari, Iraniar Yuni (2018) Pengaruh Jenis Lampu Dan Warna Pakan Terhadap Konsumsi Pakan, Hen Day Production (Hdp) Dan Konversi Pakan Burung Puyuh ( Coturnix Coturnix Japonica ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada tanggal 26 Oktober-24 Desember 2017 di kandang milik Bapak Bambang di Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis lampu dan warna pakan yang berbeda terhadap konsumsi pakan, hen day production (HDP) dan konversi pakan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam manajemen penyinaran kandang yaitu dengan menggunakan jenis lampu yang berbeda dan pemberian pakan yaitu dengan pemberian warna pakan yang berbeda dalam peningkatan produktivitas burung puyuh. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah burung puyuh betina berumur 14 hari (lepas brooding) sebanyak 192 ekor dengan rincian 8 ekor/unit, pengambilan data sesuai variabel dilakukan pada puyuh berumur 49-63 hari. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola factorial dengan menggunakan dua faktor viii yaitu jenis lampu dan warna pakan yang berbeda. Faktor jenis lampu menggunakan lampu neon warna putih dan lampu pijar warna kuning, sedangkan faktor warna pakan menggunakan pewarna makanan yang ditambahkan ke dalam pakan dari pabrikan yaitu warna ungu dan oranye, sementara warna kuning diambil langsung dari pakan pabrikan. Variabel yang diamati adalah konsumsi pakan, hen day production (HDP), dan konversi pakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan penggunaan jenis lampu tidak berpengaruh nyata (P>0.05) terhadap konsumsi pakan, hen day production (HDP), dan konversi pakan. Pemberian warna pakan yang berbeda tidak berpengaruh nyata (P>0.05) terhadap konsumsi pakan, hen day production (HDP), dan konversi pakan. Sementara kombinasi perlakuan jenis lampu dan warna pakan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap konsumsi pakan, hen day production (HDP), dan konversi pakan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan jenis lampu, warna pakan, dan interaksi dari kedua faktor tersebut memberikan respon yang relatif sama kepada burung puyuh dan hanya mampu meningkatkan konsumsi pakan, namun tidak mampu meningkatkan hen day production. Saran yang dapat diberikan adalah perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dalam pemberian lama penyinaran dalam kandang sehingga produksi burung puyuh akan optimal.

English Abstract

This research purpose was to evaluated the effect of lamp types and feed colors to improve the performance of Japanese quail, 192 female quails (Coturnix coturnix japonica) at the age of 2 weeks (after brooding period), but data were collected at the age of 49 until 63 days. The variables measured were feed consumption, hen day production (HDP) and feed conversion. Were analyzed randomly into a (3x2) Completely Randomized Design (CRD) consisted of 2 factors namely lamp types and feed colors, use six combination treatments and four replications with eight quails in each unit. Lamp types were A1 (Essential lamp with white color) and A2 (Light lamp with yellow color) and the feed color were B1 (purple), B2 (orange), B3 (yellow). The research results showed that the interaction of lamp types and feed color was not significantly improved (P>0.05) feed consumption, hen day production (HDP) and feed conversion. It can be concluded that lamp type, feed colors and combination from two factors gave the same relative vi response and only increased feed consumption but was unable to increase the hen day production.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/99/051802726
Uncontrolled Keywords: type of lamp, feed color, quails
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.083 Care, maintenance, training > 636.083 1 Housing
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 May 2018 01:41
Last Modified: 22 Oct 2021 05:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10873
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (716kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (449kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (582kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (146kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item