Alokasi Waktu Kerja Rumah Tangga Buruh Tani Perkebunan Tebu dan Variabel Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi (Studi pada Desa Sukosari Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang)”.

Wulandari, RiskaDwi (2016) Alokasi Waktu Kerja Rumah Tangga Buruh Tani Perkebunan Tebu dan Variabel Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi (Studi pada Desa Sukosari Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengelolaan perkebunan tebu yang tidak membutuhkan perawatan khusus mengakibatkan macam pekerjaan yang dapat dilakukan dalam pengelolaan tersebut menjadi terbatas. Sehingga waktu yang dapat dialokasikan untuk bekerja pada sub sektor perkebunan tebu tersebut juga akan sedikit. Sempitnya lahan pekerjaan di Desa Sukosari menyebabkan rata-rata penduduknya bekerja sebagai buruh tani di perkebunan tebu karena terdapat potensi dari sub sektor perkebunan tebu di Desa Sukosari . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor sosial ekonomi yang memiliki hubungan dengan alokasi waktu kerja dan mengetahui pengaruhnya terhadap alokasi waktu kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah oenelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuisioner. sampel yang digunakan sebanyak 60 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor, analisis regresi linear berganda, dan analisis tabulasi silang dengan bantuan program SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sosial ekonomi yang memiliki hubungan dengan alokasi waktu kerja adalah umur, jumlah tanggungan keluarga, tingkat upah, jarak rumah ke tempat kerja, kepemilikan aset transportasi, pendidikan, pengalaman kerja, status perkawinan, status pekerjaan utama dan proporsi anggota rumah tangga. Sementara itu, yang mmiliki pengaruh nyata terhadap alokasi waktu kerja adalah tingkat upah. Hal ini dikarenakan terlalu rendahnya upah yang diterima buruh tani sehingga ketika peningkatan upah itu terjadi akan segera merangsang peningkatan alokasi waktu kerja buruh tani.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/292/051605685
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Jul 2016 10:31
Last Modified: 28 Oct 2021 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108712
[thumbnail of FULL_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL_SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item