Pengaruh Kualitas Audit Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Tahun 2010-2014)

Hanifati, RadityaShinta (2016) Pengaruh Kualitas Audit Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Tahun 2010-2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas audit, yang diwakili oleh variabel reputasi KAP, spesialisasi industri auditor, dan independensi auditor terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan 50 sampel perusahaan yang masuk dalam daftar Jakarta Islamic Index tahun 2010 hingga 2014. Manajemen laba diukur dengan discretionary accruals yang dihitung dengan model Modified-Jones. Hasil penelitian ini menemukan bahwa reputasi KAP berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Hal ini menunjukkan KAP Big 4 memberikan kontribusi yang positif dalam peningkatan nilai discretionary accruals. Hal ini dapat terjadi karena KAP Big 4 merasa sudah berada pada area yang aman dengan kondisi sudah memiliki banyak klien dan cenderung kurang memperhatikan kualitas auditnya. Faktor lain yang dapat menjelaskan adalah risiko litigasi yang dihadapi KAP Big 4 di Indonesia relatif kecil dan keefektifan sistem peradilan yang diterapkan di Indonesia tergolong rendah. Spesialisasi industri auditor dan independensi auditor berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Auditor yang mempunyai spesialisasi industri akan dapat mendeteksi pengaturan akrual klien sehingga melakukan pembatasan terhadap besarnya dicretionary accruals. Selain itu, auditor dengan tenur yang panjang akan cenderung melepaskan independensinya dan memberikan toleransi yang lebih tinggi terhadap praktik manajemen laba. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan referensi dan saran bagi penelitian selanjutnya dan perusahaan di Indonesia untuk memperhatikan kualitas audit eksternalnya sebagai upaya meningkatkan kualitas pelaporan keuangan, khususnya dalam hal membatasi kebijakan manajemen laba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/291/051605684
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Jul 2016 10:24
Last Modified: 28 Oct 2021 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108711
[thumbnail of SKRIPSI_PENGARUH_KUALITAS_AUDIT_TERHADAP_MANAJEMEN_LABA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PENGARUH_KUALITAS_AUDIT_TERHADAP_MANAJEMEN_LABA.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item