Analisis Manajemen Piutang Pendapatan Jasa Layanan Pada Rsud Dr. Soetomo

Putra, RendyFadhlan (2016) Analisis Manajemen Piutang Pendapatan Jasa Layanan Pada Rsud Dr. Soetomo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap manajemen piutang pendapatan jasa layanan pada RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Pembahasan mencakup kebijakan manajemen piutang pendapatan jasa layanan, pengendalian internal piutang pendapatan jasa layanan dan pengelolaan piutang yang tidak tertagih. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah hasil wawancara dari sub bagian penerimaan dan sub bagian akuntansi RSUD Dr. Soetomo, sebagai bagian-bagian yang terkait dalam manajemen piutang pendapatan jasa layanan dan data primer berupa dokumentasi yang didapat dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum manajemen piutang pendapatan jasa layanan dan pengendalian internal sudah diterapkan dengan baik. Ada sedikit permasalahan yaitu adanya kendala dalam penagihan piutang kepada pasien umum dan adanya perbedaan tarif dalam menentukan klaim kepada pihak BPJS sehingga menyebabkan adanya koreksi piutang dan menyebabkan RSUD menerima pembayaran dari pihak BPJS waktunya akan semakin lama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/284/051605432
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Jul 2016 14:22
Last Modified: 28 Oct 2021 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108703
[thumbnail of RENDY_FADHLAN_PUTRA.pdf]
Preview
Text
RENDY_FADHLAN_PUTRA.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item