Pengaruh Pengetahuan Finansial Terhadap Pengambilan Polis Asuransi Kesehatan dengan Kendali Lokus Sebagai Moderasi (Studi pada Masyarakat Malang Raya)”

Avidinanto, Sandy (2016) Pengaruh Pengetahuan Finansial Terhadap Pengambilan Polis Asuransi Kesehatan dengan Kendali Lokus Sebagai Moderasi (Studi pada Masyarakat Malang Raya)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh pengetahuan finansial terhadap keputusan pengambilan polis asuransi kesehatan pada BPJS Kesehatan dengan kendali lokus sebagai moderasi pada masyarakat Malang Raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator-indikator dalam pengetahuan finansial yaitu pengetahuan umum tentang keuangan, tabungan dan pinjaman, asuransi, dan investasi dalam mempengaruhi seseorang untuk mengambil sebuah polis asuransi kesehatan. Selain itu pada penelitian ini juga melibatkan kendali lokus sebagai variabel moderasi yang diperkirakan mampu memperkuat atau memperlemah pengaruh finansial terhadap keputusan pengambilan polis asuransi kesehatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan objek penelitian adalah wilayah Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 150 dengan menggunakan teknik sampel purposif yaitu dengan memfokuskan pada informan terpilih yang kaya dengan studi kasus yang mendalam. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, dan analisis regresi moderasi. Sementara untuk pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji t dan menggunakan aplikasi SPSS versi 21.00 Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan finansial terhadap pengambilan polis asuransi kesehatan dengan kendali lokus sebagai moderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan finansial berpengaruh signifikan secara linier positif terhadap keputusan pengambilan polis asuransi kesehatan pada masyarakat Malang Raya, sedangkan uji analisis regresi moderasi menunjukkan bahwa variabel kendali lokus menunjukkan pengaruh yang memperkuat variabel independen terhadap variabel dependen. Selain itu diketahui juga sifat lokus dominan yang dimiliki masyarakat Malang Raya yaitu cenderung pada lokus internal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/269/051605405
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Jul 2016 08:56
Last Modified: 28 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108686
[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Full.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item